ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEREKOMENDASIKAN PRODUK (Studi pada Pengguna Telepon Pintar iPhone di Kota Tangerang Selatan )
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat dalam Merekomendasikan Produk". Penelitian ini dilakukan pada Pengguna produk iPhone di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen, yaitu Kepuasan Pelanggan (X1), Kepribadian Merek (X2), Kepercayaan Merek (Y1), yang berimplikasi pada Minat Merekomendasikan (Y2) Produk iPhone.
Objek penelitian ini adalah pengguna IPhone yang melakukan transaksi IPhone di Kota Tangerang Selatan dengan responden sebanyak 122 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi berganda, uji Kelayakan Model, uji hipotesis, dan uji variabel Mediasi. Adapun pengolahan data menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 23 untuk Windows.
Hasil penelitian ini mendapatkan fakta bahwa kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap rekomendasi minat dan kepercayaan merek tetapi tetap memberikan nilai positif. Sedangkan kepribadian merek dan kepercayaan merek, keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat merekomendasikan.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kepribadian Merek, Kepercayaan Merek, Minat Merekomendasikan, iPhone, SPSS
ABSTRACT
This study entitled " Analysis of Factors Affecting Interest in Recommending Products ". This research was conducted at the organization of IPhone di Kota Tangerang Selatan . This study aims to determine the effect of independent variables, namely Customer Satisfaction (X1), Brand Personality (X2), Brand Trust (Y1), which has implications on Interest Recommend (Y2) IPhone Product.
The object of this study is IPhone customers who conduct transactions in IPhone di Kota Tangerang Selatan with respondents as much as 122 respondents. This research uses validity test, reliability test, normality test, multiple regression analysis, Goodness of Fit test, hypothesis test, and intervening variable test. As for data processing using IBM SPSS Statistics 23 software for Windows.
The results of this study get the fact that customer satisfaction has no significant effect on the recommend interest and brand trust but still give a positive value. While the brand personality and brand trust, both have a positive and significant effect on the recommend interest.
Keywords: customer satisfaction, brand personality, brand trust, interest recommend, IPhone, SPSS
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR PUTAKA
Aaker, Jennifer L. (1997). Dimensions of Brand Personality. Journal of Marketing Research (JMR). Vol. 34, pp 347-356.
Ardani, M. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Efek Komunitas dan Daya Tarik Promosi Terhadap Sikap Merek dan Implikasinya terhadap Minat Mereferensikan (Studi Kasus pada Konsumen Pembalut Charm Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP ).
Aryani, D. & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Mei—Agus 2010. Vol 17. No. 2.
Albantani, J. 2010. Brand Trust (Kepercayaan Merek). http://brandsite.weebly.com/ brand-trust.html. (Diakses pada tanggal 7 April 2015).
Apriyani, M. 2009. Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Mereferensikan (Studi Pada Konsumen Jasa Pelayanan Cuci Sepeda Motor dan Mobil Star Clean di ).
Arista, Desi & Astuti. 2011. Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal pemasaran, Vol. 13 No. 1, Maret 2011.
Arlan, RT. 2006. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek,Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1
Baron, R.M., & Kenny, D.A. (1986). The moderator-mediator variable distinc-tion in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173-1182.
Bouhlel, O., Nabil M., Doraf H., and Ichrak B.S. 2011. Brand Personality’s Influence on the Purchase Intention a Mobile Marketing Case. International Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 9.
Erida. 2009. Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Insentif Terhadap Perilaku Wom (Word-Of-Mouth) Konsumen Jasa Angkutan Penumpang Bis Antar Kota Antar Propinsi Kelas Eksekutif di Bandung. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. 1 No.1.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. Perilaku Konsumen. ANDI. Yogyakarta. 2013. hlm. 327.
Fauzan, Muhammad Basalamah. 2010. Pengaruh Konsumen Merek Terhadap Word of Mouth. Jurnal ilmu Administrasi dan Organisasi. Jan-Apr 2010. ISSN : 0854-3844.
Ferrinadewi, Erna. 2008. Pengaruh Threat Emotion Konsumen dan Brand Trust pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene di Surabaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra.
Fornell. (1992). A National Customer Satisfaction Baromete. The Swedish Experience, Journal of Marketing, Vol. 56 (January), pp. 6-21
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. : Badan Penerbit-Undip
Hanan, Mack & Karp, Peter. 1991. Customer Satisfaction: How to Maximize, Measure and Market your company’s Ultimate Product. New York: American Management Association.
Jafarnejad, A. 2012. Analysis of the Effect of Brand Personality on Customer Loyalty to the Mellat Bank Brand in the Tehran Province. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business Institute of Interdisciplinary Business Research Vol 3, No 9.
Kelly, Lois. 2007. Beyond Buzz The Next Generation of Word-of-Mouth Marketing. New York: American Management Association (AMACOM).
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Terjemahan, edisi ke-12 jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kurniawati, D. 2012. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Minat Mereferensikan Kampusnya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Widya Mandala Madiun). Jurnal Widya Warta No. 02 Tahun XXXIV / Juli 2010 ISSN 0854-1981
Lau, G. T. dan Lee, S. H. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market-Focused Management. 4. 341-370.
Lin, L. 2010. “The Relationship of Consumer Personality Trait, Brand Personality and Brand Loyalty: an Empirical Study of Toys and Video Games Buyers”, Journal of Product & Brand Management, Vol. 19 No. 1.
MacKinnon, D.P. Fairchild, AJ, Fritz, MS. 2007. Mediation Analysis. Annual Review of Psychology, 58, 593-613.
Mulyadi, 2007, “Efektivitas Word of Mouth”, Marketing 03/VII/ Maret, 53-54
Ni’mah Inayatun, Ulfah. 2016. Pengaruh Brand Image Dan Kelompok Acuan Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Tupperware (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Desa Tayu Wetan Tayu Pati). http://eprints.stainkudus.ac.id/729/. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Purwanto, Edi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Toko SME’SCO KOPONTREN Al Munawwir Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga.
Putra, BBB. 2012. Peran Kepercayaan Merek Dalam Memediasi Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Produk Telepon Pintar Merek Apple Di Kota Denpasar.
Sabrina, AS. 2011. Pengaruh Brand Personality Pada Brand Trust, Brand Attachment, Brand Commitment, dan Brand Loyalty. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2011, Hal. 114 – 125 Vol. 18, No. 2 ISSN: 1412-3126
Saidani, Basrah. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal riset manajemen sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No 1.
Silverman, George. 2001. The Secrets of Word of Mouth Marketing. How Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. USA. American Library Association.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tjiptono. Fandy & Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: ANDI
Trista. 2013. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Toyota Avanza di Kota .
Wardhana. 2012. tentang Analisis Pengaruh Mutu Produk, Reputasi Merek, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Anti Karat Tuff Kote Dinol. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Yuswo. RL. 2010. Studi Tentang Loyalitas Merek Produk Pelembab Pond’s”. Skripsi. : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro .
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v13i1.10
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.