PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN MARKETING PUBLIC RELATION TERHADAP NILAI PELANGGAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA LB-LIA DI KOTA JAKARTA
Abstract
Abstraksi
Dalam era globalisasi, pendidikan merupkan hal yang pokok sehingga menghasilkan banyak persaingan seperti halnya dalam penyelenggaraan lembaga kursus bahasa Inggris di kota Jakarta yang penyelenggaraanya sangat berdekatan. Berdasar latar belakang tersebut, maka dipilihkan studi pada lembaga kursus bahasa Inggris LIA yang memiliki 20 cabang di kota Jakarta. Dengan bentuk bisnis waralaba antara Yayasan LIA dan para Mitra, dimungkinkan cabang mitra tidak memperoleh kemajuan bilamana tidak mendapatkan peserta. Mengacu pada kondisi tersebut, maka digunakan suatu strategi pemasaran guna meningkatkan nilai pelanggan dan memperoleh loyalitas pelanggan malalui strategi experiential marketing dan marketing public relations.
Loyalitas merupkan hal yang penting dalam menjaga keberlangsungan dan perkembangan. Oleh karenanya permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang lama dan mendapatkan pelanggan baru melalui strategi experiential marketing dan strategi marketing public relation dalam menciptakan nilai pelanggan dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan pada Lembaga Bahasa LIA di kota Jakarta. Sebuah permodelan telah dibangun dan lima hipotesis penelitian telah dirumuskan dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan 120 responden dan keseluruhan responden adalah para siswa/i dan alumni di LB-LIA di kota Jakarta. Analisis data menggunakan Structural Eqution Modeling dengan program komputer AMOS. Komputasi atas model dan semua hipotesis yang yang diajukan menunjukkan hasil yang dapat diterima. Nilai standar estimasi dalam Standardized Regression Weight terbesar membuktikan bahwa nilai pelanggan merupakan faktor yang berpengaruh positif terhadap meningkatnya loyalitas pelanggan. Kemudian Experiential Marketing dan Marketing Public Relations turut berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan dan juga terhadap nilai pelanggan.
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Nilai Pelanggan, Experiential Marketing dan Marketing Public Relations
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR REFERENSI
Alifahmi, Hifni, 2008,”Marketing Communications Orchestra”, Examedia Publishing.
Andreani, Fransisca, 2007, “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran)”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No.1, April.
Bowen, Jhon T & Chen, Shiang-Lih. 2001. The Relationship Between Customer Loyalty and Customer Satisfaction. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol. 13 No.3, p,213-217.
Belch, George E. & Michael A. Belch. 1998. Advertising and Promotion; An Integrated Marketing Communications perspective. Fourth Edition. McGraw-Hill: Boston.
Budiman, Adi Santosa. “Minat Mereferensikan dalam Proses Adopsi Konsumen Pasca Maa Edukasi Pasar Fitur GPRS IM3 Smart di Surabaya”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.II, No1, Meai 2003, Hal 1-18.
Dube, Laurette, Jordan Le Bel, & Donna Sears, 2003,”From Customer Value to Engineering Pleasurable experiences in Real Life and Online, Cornell Hotel and restaurant Administration Quarterly, Oct-Dec, P.124-130.
Encyclopedia of Public Relations, 2005, edited by Robert L. Heath., University of Houston, Vol.1, A Sage reference publication.
Ennew, Christine T.,Banerjee, Ashish K.,Derek Li, 2000, “Managing Word of Mouth Communication: Empirical Evidence from India”, International Journal of Bank Marketing, 19/2, Pg. 75-83.
Ellitan, Lena. 1999. “Membangun Loyalitas Melalui Customer Satisfaction dan Customer Oriented”, Kompak, No.19, April 1999, Hal. 236-246
Fandi, Tjiptono, 2006. Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi Offset.
Ferdinand, Agusty, 2006, “Metode Penelitian Manajemen”, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Ferdinand, Agusty, 2006, “Structural Equation Modeling dalam penelitian manajemen”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro..
Gaffar, Vanessa, 2007, “CRM dan MPR Hotel (Customer Relationship Management dan Marketing Public Relations)”, Alfabeta, Bandung.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Diterjemahkan oleh Dwi K. Yahya. Jakarta: Erlangga
Hamzah, Amir, 2007, “Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding, dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek Mentari”, Usahawan, No.06, Th XXXVI Juni, Pg. 22-28
Istiyono, Epy Ponco. Utomo, Ely sapto. Indrayani, Emmy.,”Pengaruh Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan Telkomnet Instan Terhadap Minat Pembelian Telkomnet Speedy”, Proceeding PESAT Auiditorium kampus Gunadarman, 21-22 Agustus 2007
Kao, Yie-Fang; Huang, Li-Shia; Yang, Ming-Hsien, 2007,”Effect of Experiential Elements on Experiential Satisfaction and Loyalty Intentions: a case study of the super basketball league in Taiwan”, Int.J.Revenue Management, Vol.1, No.1, Pg.79-96.
Kelly, Louis, 2007, “Beyond Buzz, The Next Geneation of Word-of-Mouth-Marketing”, AMACOM.
Kemperman, Astrid, 2000,”Temporal Aspects of Theme Park Choice Behavior: Modeling Variety seeking, seasonality and diversification to support theme park planning”, Technische Universiteit Eindhoven, Faculteit Bowekunde, Capaciteitsgroep Stedebouw.
Kertajaya, Hermawan; Kotler, Philip, 2007,Marketing 3.0 Value-Driven Marketing”, PT. Gramedia Pustaka Utama Publiser , Jakarta.
Kertajaya, Hermawan, 2007,”Boosting Loyalty Marketing Performance”, Workshop Series, MarkPlus, Inc
Kotler & Armstrong, 1996 “Principles of Marketing” Eight Edition, New Jersey: Prentice Hall, Inc
Kotler, Philip. John Bowen & Mames Makens. 2003. Marketing for Hospitality and Tourism. Third Edition. Prentice Hall: New Jersey.
Kotler, Philip; Keller, Kevin. 2006. Marketing Management. Twelfth Edition. Prentice Hall: New Jersey.
Mazzarol, Tim., Sweeney, Jillian C., Soutar, Geoffrey N, ”Conceptualizing Word-of-Mouth Activity, Triggers and Conditions: an Exploratory Study”, European Journal of Marketing Vol. 41 No. 11/12, 2007, Pg 1475-1494.
Nyilasy, Greg. 2006. “Word of mouth: what we really know – and what we don’t”. Connected Marketing, Edited by Justin Kirby and Paul Marsden”, Elsevier - Butterworth-Heinemann. Chapter 11, Pg.161-184.
Schmitt (1999), “Experiential Marketing”, http://pioner.netserv.chula.ac.th/~ckieatvi/Fathom_Exp_Marketing.htm
Rangkuti. Freddy, 2002, “Measuring Customer Satisfaction: Analisis Kasus PLN –JP”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rhenald Kasali. 2003. Manajemen Public Relations; Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. PT. Pustaka Utama Grafiti: Jakarta.
Williams, Alistair, 2006,”Tourism and Hospitality Marketing: fantasy, feeling and fun”, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol.18 No.6, 2006, Pg.482-495.
Wood, Emma H., Masterman, Guy, 2007, “Event Marketing: Measuring an experience”, 7th International Marketing Trends Congress – Jan 17th/19th, Venice
Walker, John., 2001, “Client Views of TESOL Service: Expectations and Perceptions”, The International Journal of Educational Management 15/4 Pg. 187-196
Wicaksono, Satrio Arry., Ihalauw, John JOI, “Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Advokat terhadap Kepuasan Klien dan Dampaknya pada Preferensi Rekomendasi Klien”, Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol.12, No. 3, September 2005, 241-254.
Wijayanti, Rena Feri. 2010. Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zeithaml, Valarie E., Bitner, Mary Jo, 2000, “Service Marketing: Integrating Customer focus Across the Firm”, 2nd edition, McGraw Hill Companies Inc
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v13i1.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.