PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MASUK OLEH SISWA (STUDI KASUS DI LEMBAGA KURSUS FAIDA CENDIKIA PERDANA, TANGERANG)

Sukriyah .

Abstract


ABSTRAK

 

Lembaga Kursus Faida Cendikia Perdana  dalam salah satu strateginya harus mampu memiliki keunggulan bersaing (Competitive Advantage) yaitu : memiliki suatu keunggulan di mata siswa dan masyarakat dibanding lembaga lainnya, sebelum semua itu dilakukan langkah pertama adalah bagaimana menciptakan daya tarik pertama bagi para calon siswanya. Data penelitian diambil dari tahun 2012 sampai dengan 2015. Hasil uji statistik dengan menggunakan Analisa Faktor yang sub variabelnya terdiri dari : produk jasa(X1), harga/biaya(X2), distribusi/lokasi(X3), promosi(X4), orang(people)-(X5), sarana fisik(X6), proses(process)-(X7), ternyata bauran pemasaran jasa terhadap jumlah siswa yang diterima (Y) adalah relatif sama/merata hasilnya dan tiap unsur sub variable tersebut. Sub Variabel bauran pemasaran yang mendapatkan penilaian perlu adalah produk jasa (X1) dan bauran promosi (X4) pendidikan. Kontribusi langsung terbesar diperoleh dari bauran pemasaran jasa terhadap Minat Masuk adalah penanganan proses (process) (0,2630 %). Sedangkan kontribusi tidak langsung terbesar adalah harga/biaya (X2) dan proses(process) (X7) yaitu : 3,690 %

 

Kata Kunci : Pemasaran, Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen.

Full Text:

Untitled

References


Cravens. David W.(1997), Strategic Marketing, Sixth Edition, Published by Richard D. Irving Inc. Singapore

Fandy Tjiptono(1997), Strategi Pemasaran, edisi II, Andi : Yogyakarta.

Gonzaves Kasen P(1996), Service Marketing, Prentice Hall, Upper River, New Jercy.

Harun Al Rasyid. (1994), Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Tidak Diterbitkan(untuk kalangan sendiri).

Husein Umar,(1999) Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran, Cetakan ke dua, Gramedia Jakarta.

Kotler, Philip(1997), Marketing Manajemen : Analysis, Planning, Implementation and Control, 9th edition, Prentice Hall.

Kottler, Philip(2000), Marketing Manajemen, (Millenium Edition), Prentice Hall Inct Inc. New Jersey.

Kottler, Philip/ Gary Amstrong(2001), Prinsip-prinsip Pemasaran, Alih Bahasa , Damos Sihombing, editor, Wisnu Chandra Kristiaji, edisi 8 Jilid 1 & 2, Erlangga : Jakarta

John.J.Burnet(2000), Promotion Marketing, Third edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Parasuraman A.,L.L.Berry, Valarue Zeitham(1999), Understanding Customer Expetation of Services, Sloan Management Riview, Spring.

Rust Rolland T. Anthony J. Zahorik & Timothy L, Keiningham(1999), service Marketing, Harper Collins Publishers, New York 10022.

Siegel. Sidney(1999), Statistik Non Parametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial, alih bahasa : Zamzawi S. dan Landung Simatupang, PT. Gramedia, Jakarta.

Stanton William J. Etzel, Michael J. Walker, Bruce J.(1998), Fundamental of Marketing, 10th edition, Mc Graw-Hill, Inc.

Stanly. Richard E.(1997), Promotion : Advertising, Publicity, Personal Selling, Sales Promotion. New Jersey., Prentice Hall Inc, Second Edition.

Santoso, Singgih. (2002). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Gramedia : Jakarta.

Uma Sekaran(2006), Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4 Jilid 1 dan 2, Salemba Empat : Jakarta.

Zeithaml, Valarie & Jo Mary Bitner, 1998, Service Marketing, First Edition. Mc Grow-Hill, Singapore.




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v10i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.