PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Dealer Sepeda Motor Honda Cabang Tigaraksa, baik secara parsial maupun simultan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Kuantitatif, dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, dan uji multikorelinierita, uji heteroskedastisitas, uji korelasi dan uji determinasi, uji regresi, uji hipotesis, uji t dan uji F.
Penelitian ini untuk mendapatkan data primer penulis menggunakan teknik penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden berjumlah 80, populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan atau pengguna dari Dealer Sepeda Motor Honda Cabang Tigaraksa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan aturan tersebut dengan melihat hasil yang didapat kualitas produk yaitu nilai bahwa thitung < ttabel yaitu 7,378 < 1,66412. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), dan variabel kualitas pelayanan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,016 > 1,66412. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil uji SPSS 18.0 diketahui bahwa niali Fhiting 27,384 dan Ftabel dengan df pembilangan = k dan df penyebut = n – k = 1 80-2-1 = 77 sebesar 3,12, artinya nilai Fhitung > Ftabel (27,384 > 3,12) Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel Kualitas Produksi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) dengan Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata Kunci: Kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, kualitas produk.
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, Kotler. (2015). “ Marketin an In tro d u cing Pren tic e H all t welf th ed ition ” Englaind : Pearson Education, Inc.
Barata, Atep Ayda. (2014). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.
Fandy, Tjiptono. (2011). “Service Mana g em en t M ewu ju d ka n la ya na n Prim a ” Yogyakarta : Andi. Edisi 2.
Fandy, Danang Sunyoto. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS.
Hendrayadi, Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta : Prenada Media Grup.
Limakrisna Nanda, Parulian Togi Purba. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wancana Media.
Narbuko Cholid dan Abu Achmadi. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Nazir. (2014). Metodologi Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
Philip Kotler, Danang Sunyoto. (2014). Pemasaran dan Perilaku Konsumen Edisi ke-1. Yogyakarta : CAPS (Center For Acadenic Publishing Service).
Kotler, Philip. (2017). Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga. Kotler dan Amstrong. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta : Erlangga. Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. CV Andi Offiset.
Sugiyono (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
---------- (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.