Cover Image

ANALISA PERBANDINGAN VOLUME PENJUALAN SEBELUM DAN SESUDAH PROMOSI PRODUK MINYAK DIESEL DAUR ULANG PADA PT SINAR SURYA MAJU SENTOSA

Yeni Firmawati

Abstract


PT. Sinar Surya Maju Sentosa adalah salah satu perusahaan pengolahan limbah oli bekas dan supplier minyak diesel yang berlokasi di kawasan industri Jatake, Jatiuwung- Tangerang. Dalam menjalankan bisnis pengolahan limbah oli bekas ini tentunya perusahaan mengalami berbagai tantangan dan masalah yang dihadapi, mulai dari pengolahan, penjualan, pemasaran, persaingan dengan kompetitor yang tentunya semua ini mengarah kepada kepuasan pelanggan dengan tujuan laba perusahaan dengan meningkatkan volume penjualan. Untuk meningkatkan volume penjualan, salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sinar Surya Maju Sentosa juga menerapkan kegiatan promosi dengan tujuan untuk merangsang pelanggan agar membeli minyak diesel daur ulang pada PT. Sinar Surya Maju Sentosa. Menurut Kotller dan Keller (2018:156) promosi adalah panduan spesifik periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan. Dengan penerapan promosi tersebut diharapkan pelanggan mengetahui dan tertarik terhadap minyak diesel PT. Sinar Surya Maju Sentosa. Selain sarana iklan, penjualan personal atau pemasaran langsung, PT Sinar Surta Maju Sentosa juga melakukan promosi penjualan dengan memberikan diskon apabila jumlah pembelian dalam jumlah yang besar.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini diberi judul ” Analisa Perbandingan Volume Penjualan Sebelum dan Sesudah Promosi Produk Minyak Diesel Daur Ulang Pada PT Sinar Surya Maju Sentosa”. Dan hasil yang didapatkan dengan melakukan pengujian statistik dengan menggunakan uji T test bahwa terdapat perbedaan volume penjualan antara sebelum dan sesudah penerapan promosi produk minyak diesel daur ulang tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa saat PT. Sinar Surya Maju Sentosa menerapkan kegiatan promosi yang dimulai tahun 2019 telah mempengaruhi volume penjualan minyak diesel daur ulang dibanding tahun-tahun sebelumnya saat belum menerapkan promosi pada penjualan minyak diesel daur ulang tersebut.
Kata Kunci: Promosi dan Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. (edisi 2), yogyakarta : Penerbit Liberty-Yogyakarta

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Danang Sunyoto, 2014, Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), CAPS, Yogyakarta.

Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All In One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip Prinsip Pemasaran (12th ed.).Erlangga.

Moh Nazir, 2014, Metode Penelitian, cetakan kelima, Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media. Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Pakpahan, Efendi. (2009). Volume Penjualan.Jakarta:PT. Bina Intitama Sejahtera.

Stanton, William J. 2019. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D. Bandung : Alfabeta.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia.

Sudaryono, (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi : Yogyakarta: CV Andi Offset.

Swastha, Basu dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Liberty. Yogyakarta.

Winardi, J. (2), 2005, Manajemen Perubahan (The Management of Change), Cetakan Ke-1, Jakarta, Prenada Media.

Yin, Robert K. (2015). Studi KAsus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip Prinsip Pemasaran (12th ed.).Erlangga.

Moh Nazir, 2014, Metode Penelitian, cetakan kelima, Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media. Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Pakpahan, Efendi. (2009). Volume Penjualan.Jakarta:PT. Bina Intitama Sejahtera.

Stanton, William J. 2019. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D. Bandung : Alfabeta.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia.

Sudaryono, (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi : Yogyakarta: CV Andi Offset.

Swastha , Basu dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Liberty. Yogyakarta.

Winardi, J. (2), 2005, Manajemen Perubahan (The Management of Change), Cetakan Ke-1, Jakarta, Prenada Media.

Yin, Robert K. (2015). Studi KAsus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i2.239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.