Pengaruh Sistem Zonasi Sekolah terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA N 1 Banjarnegara

Anisa Aurum Ningtyas

Abstract


Pendidikan sebagai salah satu hal yang mendasar dalam pembentukan sumber daya manusia memiliki tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Salah satunya adalah upaya untuk mewujudkan pendidikan yang merata bagi siapapun dan dimanapun berada. Setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan tanpa memandang status sosial, jenis kelamin, letak geografis , maupun agama. Hal inilah yang pada akhirnya mendorong pemerintah untuk membuat program zonasi sekolah demi tercapainya pemerataan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sistem zonasi sekolah tersebut terhadap motivasi belajar peserta didik . Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X di SMA N 1 Banjarnegara sejumlah 105 orang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pengujian SPSS yang melibatkan variabel sistem zonasi (X) dan variabel motivasi belajar peserta didik (Y). Berdasarkan olah data yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) terdapat pengaruh antara sistem zonasi sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik, besarnya pengaruh sebesar 0,257 (2)Adanya pengaruh yang cukup signifikan antara sistem zonasi sekolah dan motivasi belajar peserta didik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,464. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sistem zonasi sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik. 

 

Keywords: sistem zonasi sekolah, motivasi belajar, pemerataan pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v17i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.