PENGGUNAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK UJIAN YANG MENYENANGKAN PADA UNIVERSITAS INSAN PEMBANGUNAN INDONESIA
Abstract
Pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk melakukan transformasi belajar dengan tadinya mengandalkan pembelajaran luring menjadi pembelajaran secara daring. Begitu pula dengan ujian juga ditransformasikan menjadi daring, ini menimbulkan tantangan dari cara pengerjaan ujian untuk meminimalkan dari plagiasi serta motivasi belajar daripada mahasiswa. Penggunaan aplikasi Quizizz diharapakan mampu membuat mahasiswa mengerjakan ujian dan latihan secara menyenangkan dan membuat mahasiswa tertantang dengan adanya kompetisi antara mahasiswa. Dengan aplikasi tersebut juga membuat plagiasi di minimalkan dengan cara pengacakan nomor soal dan hal lainnya adalah memudahkan dosen untuk pencatatan nilai dikarenakan nilai akan didapat secara otomatis saat mahasiwa selesai mengerjakan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asrul, Ananda, R., Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Budi, H., & Arif, K. (2021). Implementasi Aplikasi Android Menggunakan App Inventor. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 9(1), 2-9. Retrieved February 02, 2023, from https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/189.
Haryanto, B. (2018). Implementasi Aplikasi Whatsapp Autoresponder Sebagai Sarana Informasi pada STMIK Insan Pembangunan. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 6(1), 2-9. Retrieved from https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/90.
Haryanto, B. (2022). Perancangan Aplikasi Android Informasi Jadwal Kuliah. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 10(1), 49-55. Retrieved from https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/216.
Haryanto, B. (2021). Optimisasi Biaya Basis Data Komputansi Awan RDS. JOCE IP, 15(1), 173-179. Retrieved from http://jurnal.ipem.ac.id/index.php/joce-ip/article/view/235
Haryanto, B dkk (2021). Perancangan Aplikasi Penggajian Studi KAsus STMIK Insan Pembangunan. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 9(2), 2-9. Retrieved February 02, 2023, from https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/205/175.
Mulatsih, B. 2020. Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No. 1, hal. 16-26.
Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, Hal. 214-224.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v17i1.302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.