ANALISIS STRUKTUR PASAR, PERILAKU DAN KINERJA INDUSTRI KOSMETIK (CONSUMER GOODS) DI INDONESIA
Abstract
ABSTRAK
Pandangan Badan POM, kosmetik merupakan barang yang dipergunakan diluar tubuh manusia, yang ijin peredaran barang tersebut dibawah Kemenkes dalam hal ini dikeluarkan oleh BPOM. (Sosialisasi Cara pemakain kosmetik yang benar. Direktur penilaian obat, obat tradisional dan kosmetik, 9 Desember2010). Indonesia dengan jumlah penduduk sebesar 240 juta jiwa, merupakan pasar yang besar dan menjanjikan bagi perusahaan kosmetik sesuai segmen yang dibidiknya. Menurut data perindustrian terdapat lebih dari 700 perusahaan kosmetik dan kurang dari 10 yang sudah mencatatkan sahamnya di BEI. (Pembukaan Pameran Nasional Kosmetika & Obat Tradisional 19 Oktober 2012). Pemain besar dibidang kosmetik dan sudah dikenal merk dagangnya, serta telah go public, di era pasar bebas kawasan China ASEAN yang biasa di sebut CAFTA, serta berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) satu pasar ASEAN pada 31 Desember 2015, menyebabkan para pelaku usaha saling berkompetisi untuk menjadi pemain utama dan berdaya saing global antara lain : PT. Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT. Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC), PT. Tanco Indonesia Tbk (TCID) dan PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT).
References
Daftar Pustaka
Kementrian Perindustrian, Badan POM “Sosialisasi pemakaian kosmetik yang benar “ Jakarta, 09 Desember 2010 Ketua PPA – K (Persatuan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik Indonesia )
Komisi IX DPR-RI “RDPU aturan rumah sakit, obat tradisional dan kosmetik dan hambatan peraturan tentang ijin produksi” Gedung Nusantara 1. Jakarta 2010
Media Indonesia “Pembukaan Pameran Obat Tradisional & Kosmetika Nasional”. Jakarta, 17 Oktober 2012
Internet. “Data Profile PT. Unilever Indonesia Tbk”. 2012
Internet. “Data Profile PT. Tempo Scan Pasific Tbk”. 2012
Internet. “Data Profile PT. Tanco Indonesia, Tbk”. 2012
Corporate Secretary PT. Mustika Ratu Tbk. “Laporan Keuangan 2007– 2012”. Jakarta 2012
Majalah SWA “Edisi khusus Best Brand Award 2012“. Jakarta 2012
Prof. Dr. Sudarsono MSc, “Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro”, Jakarta 1995
William C.Sheperd “ The Economics of Industrial Organization” Prentice- Hall 1990
Dwi Wahyu Sulistyo Utomo ( 0910480050), “Analisa struktur pasar produk rokok di indonesia“ Internet 2012
PNK “Pengantar Ilmu Ekonomi“ Kurikulum 2007, Internet 2012
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v10i1.38
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.