ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING BEHAVIOUR PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI TANGERANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil ilmiah terkait pengaruh paylater, flash sales dan motivasi hedonis shopping terhadap perilaku pembelian impulsif pengguna e-commerce shopee di tangerang. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunitas pengguna e-commerce Shopee di Kota Tangerang dan yang telah melakukan transaksi di e-commerce Shopee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengambilan sampel non-probabilitas dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan IBM SPSS 22. Hasil uji t menunjukkan bahwa paylater berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying. Flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying dan motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying. Hasil uji F menunjukkan bahwa paylater, flash sales dan motivasi belanja hedonis secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kontribusi paylater, flash sales dan motivasi belanja hedonis terhadap perilaku impulse buying sebesar 61,6%.
Kata kunci: Paylater, Flash Sale, Motivasi Belanja Hedonis, Perilaku Impulse Buying
Full Text:
PDFReferences
Adi, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia Indonesia (Studi Kasus Di Surabaya) . Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7.
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51.
Aragoncillo, L., & Orus, C. (2018). Impulse buying behaviour: an online-offline comparative and the impact of social media. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(1), 42–62. https://doi.org/10.1108/SJME-03-2018-007.
Dude, N. Z., Isa, R. A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Paylater Dan Flashsale Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee (Studi pada Mahasiswa Pengguna Shopee Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). YUME: Journal of Management, 5(3), 358–363.
Permatasari, I., Mukhsin, M., & Atiah, I. N. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Free Shipping terhadap Impulsive Buying Behavior dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4, 25–37.
Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment pada Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01, 109–120.
Saleh, F. T. I. A., Syam, A., Jufri, M., Rakib Muhammad, Asmayanti, Nurhikmah, A. R., & Sudarmi. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa, 6(1), 347–357.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7.
Thakur, C., Diwekar Ashwini, Reddy B Jagadeshwar, & Niteesh Gajjala. (2020). A Study of the Online Impulse Buying Behaviour during COVID-19 Pandemic. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 3(9).
Waluyo, Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2022). Buy Now, Pay Later: Apakah Paylater Mempengaruhi Pembelian Impulsif Generasi Muda Muslim? Among Makarti, 15.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v18i2.386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.