PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN PERSONAL SELLING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PERENCANAAN KEUANGAN
Abstract
Kebutuhan akan profesi perencana keuangan akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan meningkatnya kompleksitas produk-produk keuangan yang ditawarkan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup keluarga dalam hal merencanakan mulai dari kebutuhan pengelolaan arus kas keluarga, menabung, investasi, pengelolaan dana pendidikan anak, hingga perencanaan pensiun. Digital marketing dan personal selling tentunya dapat membantu para pengusaha perencanaan jasa keuangan dalam menawarkan jasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap loyalitas konsumen jasa perencanaan keuangan. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif denagn desain penelitian asosiatif yang menggunakan data primer berupa pemberian kuesioner kepada 100 responden Hasil dari penelitian ini adalah digital marketing secara parsial tidak bepengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan personal selling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Adapun secara simultan digital marketing dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen jasa perencanaan keuangan.
Full Text:
PdfReferences
Charles F Hofacker. 2018. Digital Marketing : Communicating, Selling and Connecting.
Daniel Laksana dan Diah Dharmayanti, 2018. Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intelectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, NO. 1, April.
Ni Nyoman Kusuma Aditya Dewi dan I Gde Ketut Warmika, 2017.
Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, dan WOM Communication terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. Universitas Udayana, Bali. Vol. 6, No. 10 : 5580-5606
Nurul Septiana, 2018. Strategi Komunikasi Persuasif Personal Selling Anggota Paytrent dalam Melakukan Network Marketing di Pekanbaru. Universitas Riau, Vol. 5 No. 1 – April.
Wahyu Herliyanto, 2017. Pengaruh Personal Selling dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Rahayu Tour & Travel Kudus. STAIN Kudus, Volume 4, No. 1, May : 32 –41
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v18i2.403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.