Sistem Informasi Pelayanan dan Pencatatan Sipil Di Loket Konsultasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil XYZ Berbasis WEB

Okti Fiana Prasetyawati, Jaka Suwita, winanti winanti, Bayu Suseno

Abstract


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) adalah Dinas yang masuk dalam kategori proses Pelayanan Administratif yaitu Adminstrasi Dokumen Kependudukan (Adminduk). Mekanisme pengurusan dokumen di Disdukcapil XYZ dapat dilakukan secara mandiri melalui daring atau online dan luring atau offline. Mekanisme proses yang dilakukan pada loket konsultasi dilakukan secara luring atau offline  yaitu pemohon datang secara langsung ke Kantor Disdukcapil XYZ. Petugas melakukan pencatatan identitas dan permasalahan adminduk menggunakan buku besar. Pengarsipan berkas persyaratan yang berupa fisik  memerlukan waktu dalam proses pencarian ketika berkas tersebut dibutuhkan. Berkas persyaratan yang berupa fisik juga memerlukan penanganan khusus agar terhindar dari kerusakan. Melihat masalah yang ada, maka diperlukan sistem yang dapat membantu dalam proses pelayanan dan pencatatan di loket konsultasi yaitu Sistem Informasi Pelayanan Dan Pencatatan Sipil Di Loket Konsultasi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil XYZ Berbasis Web. Metode pengembangan sistem yaitu menggunakan System Developtment life cycle (SDLC) model waterfall. Metode pengujian sistem menggunakan metode black-box testing.  Dengan adanya inovasi ini Disdukcapil XYZ khususnya bagian loket konsultasi lebih tertata dalam hal penanganan konsultasi dan pengarsipan dokumen permohonan

Full Text:

pdf

References


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan. 2021. Laporan Akhir Survei Kepuasan Masyarakat. Pemerintah Kota Tangerang Selatan. 64 hal

Indra Kusuma Nasution, H. M. (2019). Analisis dan perancangan sistem informasi layanan peserta pelatihan berbasis web pada lembaga penjaminan mutu Pendidikan Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 455–467.

Mahdias, H., Z. H. Aryadita, H. Dan A. W. Satrio. 2019. Pengembangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Untuk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Berbasis Android, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3 (1): 167-176

Moorent, M. R., Anwar, N., Widodo, A. M., & Sekti, B. A. (2024). Aplikasi Pemetaan Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Sampah Kabupaten Tangerang Berbasis Mobile. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 8(2), 57–63. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.2958

Rohimah, S., Winanti, & Nuryanti, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Penagihan Delivery Order Pada Ekspedisi Ilham Putra. Jurnal IPSIKOM, 6(1), 1–4.

Ruliyana, Adiyanto, & Winanti. (2023). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI IT HELPDESK BERBASIS WEBSITE PADA DEPARTEMEN MIS PT XYZ. Ipsikom, 5(2), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Tajudin, Aminul Fitri, W. (2017). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Pendataan Sparepart Reject Pada PT.Mutiara Forklift. 5, 1–5.

Tommy Fajerin dan Herry Mulyono. 2020. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Bara. Tersedia : https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1186 (14 September 2023, 20:26 WIB

Wafiroh, A., Winanti, & Nuryanti, Y. (2017). Analisa dan perancangan sistem informasi penjualan Online pada Toko Langgan. Jurnal IPSIKOM, 5(2), 149–200.




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v18i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.