PENGARUH PERSONAL SELLING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PERENCANAAN KEUANGAN
Abstract
Kebutuhan akan profesi perencana keuangan akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan meningkatnya kompleksitas produk-produk keuangan yang ditawarkan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup keluarga dalam hal merencanakan mulai dari kebutuhan pengelolaan arus kas keluarga, menabung, investasi, pengelolaan dana pendidikan anak, hingga perencanaan pensiun. Personal selling tentunya dapat membantu para pengusaha perencanaan jasa keuangan dalam menawarkan jasanya, dan juga membantu membangun kepercayaan para konsumen, yang nantinya akan menghasilkan loyalitas konsumen terhadap jasa perencanaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen jasa perencanaan keuangan. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif denagn desain penelitian asosiatif yang menggunakan data primer berupa pemberian kuesioner kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah personal selling dan kepercayaan konsumen baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen jasa perencanaan keuangan.
Full Text:
PdfDOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v18i2.419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.