STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL MERDEKA MOTOR, JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan strategi yang tepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Bengkel Merdeka Motor, Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity & Threat) dan analisis IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan belum memberikan kepuasan kepada pelanggan. Berdasarkan data internal perusahaan ditemukan bahwa terdapat keluhan pelayanan dan fluktuasi penjualan dalam waktu satu tahun terakhir. Berdasarkan analisa data menunjukkan bahwa Bengkel Merdeka Motor perlu memperluas pemasaran melalui berbagai media sosial, meninjau kembali harga jasa yang ditawarkan dan memenuhi stok suku cadang untuk jenis mobil-mobil yang populer dalam meningkatkan pelayanan sehingga pelanggan merasa puas.
Full Text:
PdfDOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v18i2.424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.