Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Indomaret Private Label Brand Di Indomaret Puspa Citra Tangerang

Yeni Firmawati

Abstract


Indomaret Puspa Citra tersebut merupakan salah satu ritel yang diminati oleh masyarakat di wialayah Citra
Raya Tangerang, hal ini disebabkan karena memang lokasinya terdapat di tengah-tengah pemukiman
penduduk wilayah Citra, tetapi selain itu pelanggan juga mempunyai persepsi terhadap nilai produk yang
dijual di Indomaret Puspa Citra tersebut. Sedangkan persepsi tersebut adalah Sebagai proses bagaimana
stimuli-stimuli itu diselesaikan, diorganisasi, dan diinterpretasikan (Sutisna,2003,62). Adapun nilai produk
bagi konsumen adalah kombinasi kualitas,pelayanan, dan harga yang ditawarkan kepada konsumen (Kotler
2005:14).), berdasarkan persepsi nilai konsumen tersebut maka pelanggan akan mempunyai minat membeli
pada produk yang dijual di Indomaret Puspa Citra, sehingga akan terjadi keputusan akhir yaitu keputusan
pembelian produk-produk yang dijual di Indomaret Puspa Citra Tangerang. Persepsi Konsumen menunjukkan
kualifikasi sudah cukup terhadap produk Indomaret Private Label Brand. Keputusan Pembelian konsumen
dalam menyikapi produk Indomaret Private Label Brand sudah cukup baik. Persepsi Konsumen memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Keeratan hubungan antara Persepsi Konsumen (X)
dengan Keputusan Konsumen (Y) adalah sangat kuat. Sehingga terdapat hubungan yang sangat erat antara
Persepsi Konsumen yang berbelanja di Indomaret Puspa Citra Tangerang dengan Keputusan Pembelian pada
produk Indomaret Private Label Brand yang di jual di Indomaret Puspa Citra wilayah Citra Raya
Tangerang.Nilai R Square sebesar 0,762 artinya terdapat kontribusi yang cukup besar untuk variabel Persepsi
Konsumen (X) terhadap Keputusan Konsumen (Y) yang menunjukan sebesar 76.2 % sisanya 23.8% dapat
dipengaruhi oleh factor-fakor lain yang tidak ditelit pada penelitian ini.
Kata Kunci : Persepsi Konsumen, Keputusan pembelian, Indomaret Private Label Brand

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran

Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. 4.3.

Agustina Kurniawati Hadi, FE UI, 2009 dengan

judul Persepsi Nilai Konsumen Terhadap

Prilaku Pembelian Private Label

https://direktoribisnis.net,ub,ac,id/index.php/jab/art

icle,view,1445,1824.2016.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2015).

Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid1.

Jakarta Barat: PT. Indeks.

K.L. Keller, Philip Kotler, ”Marketing

Manajemen”. Edisi 13. Prentice Hall, New

Jersey, 2009

.Kasali, Rhenald, ”Manajemen Periklanan, Konsep

dan Aplikasinya di Indonesia”, Pustaka

Utama Grafiti, Jakarta, 2008.

Kotler, Philip & Gary Amstrong, “Principles Of

Marketing”, Tenth Edition, Pearson Prentice

Hall, New Jersey, 2004.

”Manajemen Pemasaran”, Edisi 11, jilid 1, PT.

Indeks Gramedia, Jakarta, 2005.

“Manajemen Pemasaran”, Edisi Millenium, Jilid 2,

Prenhallindo, Jakarta, 2002.

Leon G. Schiffman, L. L. Kanuk, ”Consumer

Behavior” 7th edition, Prentice Hall, 2008

Lupiyodi, Rachmat, ”Manajemen Pemasaran Jasa,

Teori dan Praktek”, Salemba Empat, 2004.

“Analisa Pengaruh Celebrity Endores, Brand

Image, dan Persepsi Konsumen terhadap

Keputusan Pembelian Produk Lux”Skripsi

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2010Riadi, Edi. (2014). Metode Statistik Parametrik &

Non Parametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Rangkuti, Freddy, ”The Power of Brands”, PT.

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002

.

Stanton J, William, ” Prinsip Pemasaran.” jilid 1

edisi ke tujuh. Erlangga, Jakarta, 1996.

Sugiyono, ”Metode Penelitian Bisnis”. CV.

Alfabeta, Jakarta, 2007.

Sumarwan Ujang,dkk, ”Pemasaran Strategik.”

Edisi Pertama, Inti Prima, Jakarta, 2009

Sutisna, ”Perilaku Konsumen dan Komunikasi

Pemasaran”, Bandung, 2003.

Tjiptono, Fandy, ”Brand Management dan

Strategy”, ANDI, Jogjakarta, 2005

.

Umar, Hussain, ”Metode Penelitian Untuk

Skripsi”, Makalah, Jakarta, 2000

.

Yani, M. Safei, “Pengaruh Citra Merek dan

Penyampaian Jasa Bengkel Resmi Terhadap Nilai

Pelanggan Serta Dampaknya Pada Keputusan

Pembelian Pelanggan”, Bandung, 2008.




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.