PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN TOWER CONTROLLER JATSC (JAKARTA AIR TRAFFIC SERVICE CENTER) PADA PERUM AIRNAV INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTATANGERANG

Rizky Dwi Andrea

Abstract


Pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan Tower Controller JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center) pada Perum Airnav Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai melalui metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Tower Controller JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center) pada Perum Airnav Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang yang berjumlah 169 orang. Data sampel penelitian diperoleh dari sebaran kuesioner terhadap 63 (enam puluh tiga) orang responden, setiap responden diberikan 20 pernyataan dengan menggunakan skala likert. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa pengaruh kompetensi terhadap kinerja kerja pegawai Tower Controller JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center) pada Perum Airnav Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta adalah sangat kuat, artinya bahwa pengaruh kedua variabel tersebut adalah signifikan pada derajat kepercayaan sangat kuat. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kompetensi maka akan semakin meningkatkan kinerja pegawai Tower Controller JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center) pada Perum Airnav Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Berdasarkan hal tersebut disarankan agar pegawai Tower Controller JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center) pada Perum Airnav Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dapat meningkatkan kompetensi nya sehingga karyawan mampu bekerja melebihi target kerja yang dibebankan agar kinerja dan efektivitas kerja pegawai menjadi lebih baik dan pekerjaan cepat terselesaikan.


Full Text:

Untitled

References


Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Ariffin, Suhaida BT Kamalul. 2005. “The Effect of Employees Competencies on Perceived Service Quality at Majlis Perbandaran Pulau Pinang”. Tesis. Malaysia.

Aziiziir, Nurul Masriyah .2013. “Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak”. Dalam Publika, Volume I, Nomor 01 Tahun 1, Pontianak: FISIP UNTAN.

Badri, sofwan. 1988. Konsep-Konsep Dasar Adminstrasi, Administrasi Negara Dan Administrasi Pembangunan. Jakarta : Bina Aksara.

Consuelo G. Sevilla dkk .(1993). Pengantar Metode Penelitian, Universitas Indonesia, UI Press.

Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia. Fahmi. 2006. “Sikap Peneliti Terhadap Layanan Perpustakaan Nasional RI”.

Dalam Supriyanto dan Rimbarawa (Ed.), Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Jakarta:Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: ANDI.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen (edisi 2). Yokyakarta : BPFE Yokyakarta.

Isgiyanto, Awal. 2009. Teknik Pengambilan Sampel pada Penelitian Non- Eksperimental. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Mansur. 2008. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik pada Bagian Bina Sosial Setdako Lhokseumawe”. Tesis. Medan : Universitas Sumatra Utara.

Moenir. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Somantri, Ating dan Muhidin, Sambas Ali. 2011. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode

Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, Edi. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Zuamah. 2007. “Analisis Pengaruh Kompetensi Teknis, Kompetensi Sosial, Dan Kualitas Interaksi terhadap Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Citra Perusahaan dan Kepuasan Konsumen (Studi Pada: PT. Askes (persero) Kantor Cabang Utama Semarang)”. Tesis. Semarang: Fakultas Ekonomi UNDIP.




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.