ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARAPAN PELANGGAN TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN PADA TOSERBA SABAR SUBUR CIKUPA
Abstract
ABSTRAK
Semakin kuatnya persaingan dalam dunia bisnis perusahaan agar dapat menciptakan nilai dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan pelanggan dan harapan pelanggan dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan pada Toserba Sabar Subur Cikupa. Populasi yang diambil sejumlah 1000 responden dimana dalam penelitian ini adalah pelanggan yang sering berbelanja di Toserba Sabar Subur Cikupa. Sampel yang digunakan yaitu 10% dari jumlah populasi sebanyak 100 responden dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakananalisisregresiberganda, uji asumsi klasik, statistik (uji t, uji f, dan koefisien determinasi). Untuk memenuhi kepuasan pelanggan toserba sabar subur memberikan diskon dengan barang yang bervariasi terutama barang yang paling laku terjual dan banyak dicari oleh pelanggan, promise akhir tahun dan penawaran harga yang lebih bervariasi sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah. Secara parsial menunjukan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di toserba sabar subur cukup signifikan dimana hasil koefisien determinasinya yaitu 33,60% dengan persamaan regresi Y = 16,574 + 0,585X1 sedangkan determinasi harapan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan yaitu 79,40% dengan persamaan regresi Y = 29,025 + 0,278X2, sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan harapan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien determinasi r2 = 0,365 maka dapat diartikan 36,5% variable kualitas pelayanan pelanggan (X1) dan variable harapan pelanggan (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Toserba Sabar Subur, dengan persamaan regresi Y = 11,189 + 0,550X1 + 0,172X2.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan pelanggan, Harapan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
UntitledReferences
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Abdulah, Thamrin. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Danang, S. dan Fathonah, E.S. (2015).Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CAPS
Daryanto.(2012). Manajemen Pemasaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Feni, Irawati. (2012). Analisis Harapan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan DalamUpaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Tangerang : SkripsiSTIE Insan Pembangunan
Ika Pratiwi, Dinar. (2010). Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet. Semarang : Skripsi STIE Insan Pembangunan
Kotler.P. dan Keller.(2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13,1-2. Northwesteren University, Darthmouth College (2013). Manajemen Pemasaran. Northwesteren University, Darmouth College
Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta
(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta
Sunyoto, Danang. (2014). Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS
Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Edisi 3.Yogyakarta : CV. Andi Offset (2012). Strategi Pemasaran.Yogyakarta : CV. Andi Offset (2015). StrategiPemasaran.Yogyakarta : CV. Andi Offset
Ujang Hermawan Dkk. (2012). Riset Pemasaran dan Konsumen. Seri 2.Bogor : IPB Press
http://junaidi chaniago.wordpress.com
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i1.100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.