PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN JAMA’AH HAJI PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) ALABADIYAH CIKUPA TANGERANG PERIODE 2016

Dwi Ferdiyatmoko Cahya Kumoro

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada kelompok bimbingan haji KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. 2) pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen pada kelompok bimbingan haji KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. 3) pengaruh kualitas pelayanan dan cita merek terhadap kepuasan konsumen pada kelompok bimbingan haji KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jamaah KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. Sampel diambil sebanyak 56 orang jamaah periode 2016 dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi dan interview. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data untuk ketetapan model menggunakan uji t dan uji F serta menggunakan analiis regresi linier berganda. Untuk memberikan kepastian bahwa persamaan regresi yang didapatkan memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten juga dilakukan pengujian asusmsi klasik denganuji multikoloniaritas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada kelompok bimbingan haji KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. 2) Tidak terdapat pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen pada kelompok bimbingan haji KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang. 3) Terdapat pengaruh pengaruh kualitas pelayanan dan cita merek terhadap kepuasan konsumen pada kelompok bimbingan haji KBIH Al-Abadiyan Cikupa Tangerang.

 

Kata kunci: Kualitas pelayanan, citra merek, dan kepuasan konsumen.

Full Text:

Untitled

References


Fandy, Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy offset

Ferrinadewi, Erna. (2008) Merek dan Pesikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran, Yohyakarta: Geraha Ilmu

https://tangerangonline.id/2016/08/12/daftar-tunggu-berangkat-haji-kabupaten-tangerang-18-tahun/

http://www.denahajiumroh.com/2015/02/jumlah-jemaah-haji-indonesia-yang-masuk-daftar-tunggu.html

Iqbal, Muhammad, (2007), Pelayanan yang Memuaskan, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kasmir, (2008), Etika Customer Service, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Keller, Kevin. Line. (2003) Strategig Brand Management: Intl ed. Building, Measuring, and Managing Brand Equity 2nd ed. New Jersy: Pearson Education, Inc

Kotler, philip dan Gary Amstrong, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, Alih Bahasa: Bob Sabra. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas: PT. Erlangga

Maharani, Atina: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Warung Bakso Sari Gurih Pak Ratno; skripsi UNY 2014

Tjiptono, Fandy, (2006), Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Putaka Baru Pers

Sumarwan, Ujang. (2003), perilaku konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.