IMPLEMENTASI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AYA SOPHIA ISLAMIC SCHOOL TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
ABSTRAK
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, BAB II pasal 3 menjelaskan tentang tujuan pendidikan nasional yaitu: “Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab”. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan konsep pendidikan yang tepat melihat beragamnya karakter dan tingkat kecerdasan anak yang dipengaruhi faktor internal dan eksternal anak, maka para pemangku kepentingan dibidang pendidikan perlu mengembangkan metode pembelajaran disekolah dengan pendekatan pembelajaran yang sudah umum dipakai oleh para guru antara lain pendekatan konsep dan proses, pendekatan deduktif dan induktif, pendekatan ekspositori dan heuristic, pendekatan kecerdasan ganda (Multiple Intelligences), serta pendekatan kontekstual. Teori multiple intelligences banyak dikaji penerapannya dalam bidang pendidikan. Teori ini memberi manfaat yang sangat besar baik bagi siswa maupun guru atau pendidik. Pengetahuan tentang multiple intelligences pada siswa membantu untuk mengoptimalkan pemahaman akan profil intelegensi yang dimiliki siswa. Siswa dapat memahami bahwa ia memiliki serangkaian kelebihan dan kekurangan pada kemampuannya. Pemahaman ini akan mengantarkan siswa untuk mengembangkan serangkaian kelebihan yang dimiliki secara optimal dan mengantisipasi berbagai kelemahannya. Dengan demikian tujuan siswa untuk mengembangkan bakat maupun minatnya untuk mencapai sasaran profesi tertentu akan semakin terarah.
Kata kunci : Teori Multiple, intelligences, minat belajar
Full Text:
UntitledReferences
———-, Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Bandung : Citra Umbana, 2003.
Elliot Stephen N., Educational Psychology, Amerika : Von Hoffman Press, 2000.
Muhammad Jawwad Ridla, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research II, Yogyakarta : Andi Offset, 2001.
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2005.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v8i2.114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.