PERSEPSI WAJIB PAJAK PERSEORANGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-FILING PADA KPP XYZ

Adi Suprayoga

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis persepsi wajib pajak perorangan di KPP Pratama XYZ terhadap kualitas pelayanan e-filing dalam pelaporan perpajakannya. Metode analisis dengan membandingkan antara harapan dengan kualitas kinerja pelayanan yang diterima wajib pajak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum wajib pajak perorangan di lokasi penelitian belum merasa puas dengan kualitas pelayanan e-filing baik itu dilihat dari dimensi responsiveness, assurance, empathy, reliability, dan tangibles. Dengan tingkat kesenjangan terbesar berada di pada dimensi Assurance.

 

Kata kunci:

Persepsi, kualitas layanan, e-filing.

Full Text:

XML

References


Daftar Pustaka

Brotodiharjo, Santoso R.,1996. Pengantar Ilmu Hukum Pajak, Bandung: Eresco

Birds, Richard M. & Milka C. de Jantscher. 1992. Improving Tax Administration In Developing Countries, Washington : International Monetary Fund

Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Approach Second Edition. USA: Sage Publication

Diana, Anastasia dan Setiawati, Lilis. (2004). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: ANDI

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Irawan, Prasetya. 2004. Logika dan Prosedur Penelitian. Pengantar teori dan panduan praktis penelitian sosial bagi mahasiswa dan peneliti pemula. Jakarta: STIA LAN press

______________. 2006. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: DIA FISIP UI

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, terjemahan. Jakarta: PT Prenhalindo

Lukman, Sampara. 1999. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi

Lupiyoadi Rambat A Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

___________________________ 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat

Maholtra, Naresh K. 2007. Marketing Research. New Jersey: Pearson Education Inc.

Mansury, R., 1995. Panduan Konsep Utama Pajak Penghasilan di Indonesia, Jilid 1, Jakarta: PT.Bina Rena Pariwara

___________. 2000. Kebijakan Fiskal, Jakarta : Yayasan Pengembangan dan Penyebaran Pengetahuan Perpajakan (YP4).

___________. 2002. Pajak Penghasilan lanjutan Pasca Reformasi 2000, Jakarta: Yayasan Pengembangan dan Penyebaran Pengetahuan Perpajakan (YP4)

___________. 1994. Panduan konsep utama Pajak Penghasilan Indonesia, Jilid 1, PT Bina Rena Pariwara, Jakarta

Mardiasmo. 2001. Perpajakan. Yogyakarta: Andi

M., Djoned Gunadi, 2005. Administrasi Pajak, Lembaga Pengkajian Keuangan Publik dan Akuntansi Pemerintah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Departemen Keuangan RI, Jakarta

Moleong, Lexy J., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasucha, Chaizi. 2004. Reformasi Administrasi Publik: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurmantu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan; Edisi 3. Jakarta: Granit

Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Parasuraman, A. 2007. Marketing Research. 2nd edition. Boston: Houghton Mifflin

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data dan Uji Statistik, Mediakom

Rahayu, N., & Santoso, I. 2007. Bunga Rampai Perpajakan Indonesia, Jakarta: FISIP UI

Rosdiana, Haula, 2005. Pengantar Ilmu Pajak: kebijakan dan implementasi di Indonesia: Jakarta: Rajawali Press

______________, 2003. Pengantar Perpajakan: Konsep Teori dan Aplikasi, Yayasan Pendidikan dan Pengkajian Perpajakan

Riduwan & Kuncoro, E.A. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta

Shome, Parthasarathi. 1995. Tax Policy Handbook. International Monetary Fund: Washington, D.C.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suharno, 2003. Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan dalam era Otonomi Daerah. Jakarta

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Supranto J. dkk. 2012. Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah Untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Mitra Wacana Media

Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.

Yudkin, Leon. 1971. A Legal Structure for Effective Income Tax Administration, International Tax Program, Harvard Law School, Cambridge

Tjiptono, F. 2005. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Zeithaml V.A. 1992. Problems and Strategies in Service Marketing, in: Bateson J. (ed.). Managing Service Marketing. London: The Dryden Press

___________. 1990. Delivering Quality Service : balancing Customer perception and expectations. New York, The Free Press

Jurnal, Artikel, Makalah

Chin, W. Wynne., Todd, Peter. 1991. On the Usefulness, Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A note of Caution. Management System Quarterly, 21 (3)

Dawes, John 2008, "Do Data Characteristics Change According to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales," International Journal of Market Research, 50 (1), 61-77.

Dinsdale, G. and Marsden, D. 1999. Citizen/Client Surveys: Dispelling Myths and Redrawing Maps, for the Citizen Centered Network, CCMD, p.43

Maroudas, T., Aggelopoulos, St., Menexes, G. Measuring Customer Satisfaction and Service Quality in Greek Tax Administration System. 6th ICESAL’09. 18-19 May 2009, Thessaloniki Greece – PROCEEDINGS – ISBN 978-960-287-121-8

Noviandini, Nurul Citra. 2012. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing bagi Wajib Pajak di Yogyakarta. Jurnal Nominal/ Volume I No. 1/Tahun 2012

Nur, Iim Ibrahim. 2010. Analisis Penerapan Sistem Pelaporan Pajak Dengan Aplikasi E-Filing secara Online. Ultima Accounting.Vol 2. No. 1 Juni 2010

OECD FORUM ON TAX ADMINISTRATION Survey of Trends in Taxpayers Service Delivery Using New Technologies February 2005

Parasuraman,A. Valerie A. Zeithaml. Leonard Berry. (1985). A conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research. Journal of Marketing, Volume 49.

Schmidt and Stricklan. 2000. Client Satisfaction Surveying: Common Measurements Tool. Canadian Centre for Management Development, November 2000.

Peraturan Perundang-undangan

Republik Indonesia, Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan

Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor: KEP-88/PJ./2004 tanggal 14 Mei 2004 jo KEP-05/PJ./2005 tanggal 12 Januari 2005 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Secara Elektronik (e-Filing) melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP)

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/2003, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81/KEP/M.PAN/1993, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara

Website

Gunadi, Prof.,DR.,MSc. Keberhasilan Pajak tergantung partisipasi masyarakat,” Dalam persfektif baru, URL: http://www.persfektif.net/articles/view/.asp?id=431, 27 September 2003

http://www.pajak.go.id diunduh pada tanggal 01 September 2014

http://ekbis.sindonews.com diunduh pada tanggal 01 September 2014

Majalah

Inside Tax, Media Tren Perpajakan. Tren, Outlook, dan Tantangan Perpajakan 2014: Apa Kata Mereka?. Edisi 18. November-Desember 2013




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v13i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.