PENGARUH PEMAHAMAN NASABAH TENTANG DIVERSIVIKASI PRODUK DAN KUALITAS JASA PELAYANAN KREDIT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemahaman nasabah tentang diversifikasi produk terhadap kepuasan konsumen pada BMT An-Naafi Boyolali. 2) pengaruh kualitas jasa pelayanan kredit terhadap kepuasan konsumen pada BMT An-Naafi Boyolali. 3) pengaruh pemahaman nasabah tentang diversifikasi produk dan kualitas jasa pelayanan kredit terhadap kepuasan konsumen pada BMT An-Naafi Boyolali
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di BMT An Naafi Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT An Naafi Boyolali yang berjumlah 500 orang. Sampel diambil sebanyak 50 orang nasabah dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi dan interview. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh pemahaman nasabah tentang diversifikasi produk terhadap kepuasan konsumen. 2) Terdapat pengaruh kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan konsumen. 3) Terdapat pengaruh pemahaman nasabah tentang diversifikasi produk dan kualitas jasa pelayanan kredit terhadap kepuasan konsumen.
Kata kunci: Pemahaman nasabah tentang diversifikasi produk, kualitas jasa pelayanan kredit dan kepuasan konsumen
Full Text:
XMLReferences
Djarwanto. 1996. Statistik II. Yogyakarta: BPFE.
Engel dkk. 2007. Prilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Fandy Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy offset.
Fajri Zul. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Jakarta: Difa Publisher.
Hapsari Diyah. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai dan Difersivikasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di BMT Palur. Sekripsi. Surakarta: UMS.
Hadi Sutrisno. 2004. Metedologi resseach. Yogyakarta: Andi
http://aliciakomputer.blogspot.com/2009/03/definisi-dan-karakter-jasa.html. Diakses pada tanggal 19 Desember 2009.
http://boutiquesoftware.wordpress.com/informasi-bmtbtm. Diakses pada tanggal 19 Desember 2009.
http://id.wikipedia.org/wiki/Jasa. Diakses pada tanggal 01 Januari 2010
http://id.wikipedia.org/wiki/Kredit_%28keuangan%29. Diakses pada tanggal 19 Desember 2009.
http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/sosiologi-agama/baitul-maal-wattamwil-bmt. Diakses pada tanggal 18 Januari 2010.
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=591%3Adefinisi-kualitas-pelayanan jasa&option=com_content&Itemid=15. Diakses pada tanggal 01 Januari 2010.
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=591%3Adefinisi-kualitas-pelayanan-jasa&option=com_content&Itemid=15. Diakses pada tanggal 01 Januari 2010.ss
http://triatmojo.wordpress.com/mengukur-kepuasan-pelanggan. Diakses pada tanggal 01 Januari 2010.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/diversifikasi-produk31. Diakses pada tanggal 17 Januari 2010.
Kotler. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rivai veithzal, dkk. 2007. Bank and Financial Institution Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rumidi, Sukandar. 2002. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: UGM Press.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfa Beta.
Subagyo. 1997. Statistik II. Yogyakarta: BPFE.
Metode Penelitian bisnis, Bandung: Transito.
Sudjana 1999. Metode Penelitian bisnis, Bandung: Transito.
Teknik Analisis Regresi dan Korelasi, Bandung: Transito.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. 1995. Analisis regresi, Yogyakarta: Andiy offset
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v10i1.151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.