ANALISA PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. BUMEN REDJA ABADI
Abstract
ABSTRAK
PT. Bumen Redja Abadi di dirikan pada tahun 1981 sebagai perseroan terbatas (PT) yang bergerak dalam bidang penjualan mobil di Indonesia yang melayani sales, spare part, dan service. PT. Bumen Redja Abadi termasuk salah satu dari 10 besar dealer resmi Mitsubishi motors dan Mitsubishi fuso truck serta bus Krama Yuda Tiga Berlian. Dan peneliti melakukan penelitian di PT. Bumen Redja Abadi yang berlokasi Jl. Raya Serang Km, 13,5 Cikupa Tangerang. Populasi pada penelitian ini adalah dokumen-dokumen mengenai laporan keuangan biaya promosi dan biaya distribusi serta laporan penjualan pertahun di PT.Bumen Redja Abadi Mitsubishi Kabupaten Tangerang 2013 sampai dengan 2014.Sampel pada penelitian ini adalah laporan bulanan biaya promosi, biaya distribusi dan data penjualan PT. Bumen Redja Abadi Kabupaten Tangerang selama dua tahun dari tahun 2013 sampai tahun 2014.Penelitian berupa data sekunder.Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling.Metode yang digunakan untuk analisa adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, korelasi, koefisien determinasi, uji t, uji f, dan regresi. Diperoeh hasil analisa yang dilakukan oleh peneliti menjelaskan secara simultan biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan memiliki korelasi sebesar 0,579, hal ini menunjukan pengaruh yang sedang. Koefisien determinasi secara simultan sebesar 33,5%, menunjukan bahwa kontribusi atau pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan sebesar 33,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisa oleh peneiti. Adapun hasil uji t dan secara sederhana diperoleh untuk biaya promosi terhadap volume penjualan ( t hitung -2,090 > -1,711 t tabel) dengan sig. (0,048 < 0,05), biaya distribusi terhadap volume penjualan nilai( t hitung 2,310 > 1,711 t tabel) dengan sig. (0,039 > 0,05), dan secara simultan melalui uji F diperoleh (f hitung 5,283 > 4,28 f tabel) dengan sig.(0,014 < 0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa baik secara sederhana maupun simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan Pajero Type Dakar A/T 4X2.
Kata kunci: Biaya promosi, Biaya Distribusi dan Volume Penjualan
Full Text:
UntitledReferences
Abdullah Thamrin & Tantri Francis. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Hotasoit.(2011). Pelayanan Publik Teori Dan Aplikasi. Jakarta Timur : Magnascript Publishing.
Mamang, Sangadji Etta & Sopiah. (2013) Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi.
Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.
Noor, Juliansyah .(2011). Metode penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sulistyo, Joko. (2011). 6 Hari Jgo SPSS 17. Yogyakarta : Caps.
Sunyoto, Danang.(2012). Dasar – Dasar manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Caps.
Tjiptono, Fandy. (2012). Servise Management. Yogyakarta : Andi.
Umar, Husein. (2011). MetodePenelitian Untuk Skripsi dan tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yamit, Zulian. (2013). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia
Sumber Web :
(http://pengertianpelanggan.blogspot.com/2012/01/pengertian-pelanggan.html)
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v10i1.156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.