KOMPETENSI, DISIPLIN, KEPUASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk.
Abstract
ABSTRACT
PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Cikande di tahun 2012-2015 telah terjadi downtime yang tidak efisien dan efektif. Hal ini diduga menurunnya kinerja karyawan yang dipengaruhi antara lain kompetensi, disiplin dan kepuasan.
Dengan menggunakan metode penelitian regresi linier berganda terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi, disiplin, kepuasan terhadap kinerja karyawan. Dimana kinerja karyawan dipengaruhi kompetensi, disiplin, kepuasan. Dan variable kompetensi merupakan variable dominan yang memiliki nilai tertinggi, variable disiplin merupakan urutan kedua. Sedangkan variable kepuasan merupakan urutan ketiga.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja karyawan sangat dipengaruhi kompetensi dapat mempengaruhi kinerja karyawan dikarenakan karyawan dengan memilki pengetahuan dan keterampilan, dalam hal perawatan dan pengoperasian sarana kerja yang baik, agar tidak terjadi kerusakan sarana produksi untuk mencapai hasil produksi yang efektif dan efesien. Disiplin yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dikarenakan karyawan dalam hal mentaati peraturan, baik prosedur maupun tata tertib dalam pelaksanaan proses produksi yang secara teratur, untuk mencapai target yang diharapkan. Kepuasan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dimana pemenuhan harapan karyawan dalam kesejahtraan dan kenyamanan dalam berkomunikasi, kerjasama baik antar departemen, atasan, bawahan dan rekan kerja.
.
Kata kunci: Kompetensi, Disiplin, Kepuasan dan Kinerja.Full Text:
UntitledReferences
Buhler, Patricia. 2007 Alpha Teach Yourself, Management Skills. Jakarta: Prenada Media Group.
Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jonathan, Herlina. 2012. Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo, 2005, Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.
Lund, Daulatram B., 2003, Organizational Culture and Job Satisfaction, Journal of Business & Industrial Marketing.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mas`ud, Fuad, 2004, Survai Diagnosis Organisasional : Konsep & Aplikasi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ndraha, Taliziduhu, 2003, Budaya Organisasi Edisi 2, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Prijodarminto, S, 2004. Tata Personalia, Bandung : Djambatan.
Priyanto, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS, Yogyakarta : Andi.
Ruky, Achmad.2003 Sumber Daya Manusia Berkualitas. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Sekaran, Uma 2006, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Ke Ke Empat Buku Ke Satu, Jakarta: Salemba Empat.
Siagian, Sondang P. 2002. Sumber Daya Manajemen Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.
Sinamo, Jansen H., 2002, Etos Kerja 21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global Edisi 1, Jakarta: Institut Darma Mahardika.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis Cetakan kelima 2003, Bandung : CV Alfabeta
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Surabaya : Kencana.
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Veithzal, R, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Jakarta: Murai Kencana.
Wibowo, 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v10i2.160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.