KOLABORASI ALAMI PIN MATH DAN KOTAK-KOTAK DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Sukriyah ., Annisa Kurniasih, Ismania Khoir

Abstract


Abstrak Esensi dari revolusi industri 4.0 adalah revolusi budaya, revolusi manusia dalam berbagai
aspek kehidupannya. Tidak hanya revolusi di bidang teknologi, tetapi revolusi perilaku sosial dan
perilaku budaya. Padaera ini, ukuran besar perusahaan/organisasi tidak menjadi jaminan, namun
kelincahan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat. Terdiri dari
kumpulan tim yang harus siap bersinergi. Kemampuan ini berkaitan dengan karakter, budaya dan
lingkungan pembentuknya. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan untuk memproses
generasi yang mampu bertahan dan bersaing dinamis namun memiliki pribadi terpuji, untuk
menyongsong perkembangan dunia selanjutnya. Proses ini dibangun dengan mengkolaborasikan
kreativitas antara matematika, bahasa dan karakter. Hasil penelitian pada peserta didik di LKP. Faida
Cendikia Perdana menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir dengan cepat, kreativitas,
daya pikir, daya bersaing dan kerjasama rata-rata bertumbuh sebesar >20% per tahun. Inovasi ini dapat
menjadi alternatif dalam mencari pendekatan terbaik untukmeningkatkan kemampuan bernalar dan
ketahanan daya saing yang produktif dan positif untuk kebaikan umat manusia.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Solichan. (2012). Mengembangkan

Kreativitas dalam Pembelajaran

Matematika.,http://www.infodiknas.co

m/mengembangkan-kreativitas-dalampembelajaran-

matematika.html .

Diakses 25 Maret 2019.

Admin. (2013). Indikator Pendidikan

Karakter.

http://tesispendidikan.com/indikatorpendidikan-

karakter/ . Diakses 25

Maret 2019.

Admin.(2014). Pengertian Matematika

Menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum.

Http://www.rumusmatematikadasar.com/201

/09/pengertian-matematika-menurutpendapat-

ahli-dankurikulum.

html(Diakses tanggal 08

Maret 2015)

Anwar, Saepul. (2016). 7 Alasan Mengapa

Kita Harus Mempelajari Matematika –

Artikel. Diakses 20 Februari 2018.

http://edumatik.net/7-alasan-kenapakamu-

harus-mempelajari-matematika/

Arudam, Harry. (2012). Pengertian Inovasi

Menurut Para Ahli [Online].

http://harryarudam.

blogspot.com/2012/01/pengerti

an-inovasi-menurut-paraahli.

html.Diakses Oktober 2012.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman.Media

Pembelajaran. 2002. Jakarta:

CiputatPers.

Depdikbud. 2003.Kamus Besar Bahasa

Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Fauziah, Rany. (2018). Jakarta.

JOCE IP VOL 14 NO.1 FEBRUARI 2020 ISSN-1978-6875

https://economy.okezone.com/read/2018/12/0

/320/1986361/menristekdiktirevolusi-

industri-4-0-peluangindonesia-

berkreasi-daninovasiDiakses

Maret 2019.

Ghozali, Imam. (2008). Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter

Melalui Pembelajaran Matematika.

Jurnal Pendidikan Matematika

PARADIKMA, Vol 6 Nomor 2. Prodi

Pendidikan Matematika Pascasarjana,

Fakultas Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam, Universitas Negeri

Medan (UNIMED), 20221 Medan,

Sumatera Utara Indonesia. Diakses 21

Februari 2018.

http://digilib.unimed.ac.id/960/2/Full

Text.pdf

http://tesispendidikan.com/indikatorpendidikan-

karakter/

http://repo.iaintulungagung.

ac.id/2834/11/BAB%20II

%20-%20Rev.pdf

Iskandar, Akbar. (2015). Confirmatory Factor

Analysis-Teknik Analisis Validitas

Konstruk dan Reliabilitas instrument

Test dan Non Test Dengan Software

LISREL., Teknik informatika, STMIK

AKBA, Sulawesi selatan.

Junaidi. (2008). Aplikasi LISREL untuk

Path Analysis (Seri

LISREL bag.5).https://junaidichaniago

.wordpress.com/2008/07/16/aplikasilisrel-

untuk-path-analysis-seri-lisrelbag5/

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai . 2003.

Teknologi Pengajaran. Bandung : CV

Sinar Baru.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan

Nasional. (2002). Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai

Pustaka

Rachbini, Widarto. (2018). Modul Pelatihan

SEM- Lisrel dan AMOS. INDEF.,

Jakarta.

Saputra, Hardika. (2018). Kemampuan

Berpikir Kreatif Matematis., PGMI IAI

Agus Salim Metro, Lampung.

https://www.researchgate.net/publicatio

n/326682090_KEMAMPUAN_BERPI

KIR_KREATIF_MATEMATIS.

Diakses 21 Februari 2019.

Sijabat, Eva yuliana. (2016).Pendidikan

Karakter pada Proses Pembelajaran

Matematika di KelasVII SMP Stella

DUCE 2 Yogyakarta., Skripsi

Universitas Sanata Dharma,

Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar

Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas

Ekonomi UI.

Tim penyusun.(2008). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Departemen Pendidikan Nasional.

Wafer, Tungelan.(2017). Makalah Media

Pembelajaran.Https://anaksuryono.blog

spot.com/2017/09/makalah-mediapembelajaran.

html

Diakses : 28 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v14i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.