KOLABORASI ALAMI PIN MATH DAN KOTAK-KOTAK DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Abstract
aspek kehidupannya. Tidak hanya revolusi di bidang teknologi, tetapi revolusi perilaku sosial dan
perilaku budaya. Padaera ini, ukuran besar perusahaan/organisasi tidak menjadi jaminan, namun
kelincahan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat. Terdiri dari
kumpulan tim yang harus siap bersinergi. Kemampuan ini berkaitan dengan karakter, budaya dan
lingkungan pembentuknya. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan untuk memproses
generasi yang mampu bertahan dan bersaing dinamis namun memiliki pribadi terpuji, untuk
menyongsong perkembangan dunia selanjutnya. Proses ini dibangun dengan mengkolaborasikan
kreativitas antara matematika, bahasa dan karakter. Hasil penelitian pada peserta didik di LKP. Faida
Cendikia Perdana menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir dengan cepat, kreativitas,
daya pikir, daya bersaing dan kerjasama rata-rata bertumbuh sebesar >20% per tahun. Inovasi ini dapat
menjadi alternatif dalam mencari pendekatan terbaik untukmeningkatkan kemampuan bernalar dan
ketahanan daya saing yang produktif dan positif untuk kebaikan umat manusia.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Solichan. (2012). Mengembangkan
Kreativitas dalam Pembelajaran
Matematika.,http://www.infodiknas.co
m/mengembangkan-kreativitas-dalampembelajaran-
matematika.html .
Diakses 25 Maret 2019.
Admin. (2013). Indikator Pendidikan
Karakter.
http://tesispendidikan.com/indikatorpendidikan-
karakter/ . Diakses 25
Maret 2019.
Admin.(2014). Pengertian Matematika
Menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum.
Http://www.rumusmatematikadasar.com/201
/09/pengertian-matematika-menurutpendapat-
ahli-dankurikulum.
html(Diakses tanggal 08
Maret 2015)
Anwar, Saepul. (2016). 7 Alasan Mengapa
Kita Harus Mempelajari Matematika –
Artikel. Diakses 20 Februari 2018.
http://edumatik.net/7-alasan-kenapakamu-
harus-mempelajari-matematika/
Arudam, Harry. (2012). Pengertian Inovasi
Menurut Para Ahli [Online].
http://harryarudam.
blogspot.com/2012/01/pengerti
an-inovasi-menurut-paraahli.
html.Diakses Oktober 2012.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman.Media
Pembelajaran. 2002. Jakarta:
CiputatPers.
Depdikbud. 2003.Kamus Besar Bahasa
Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.
Fauziah, Rany. (2018). Jakarta.
JOCE IP VOL 14 NO.1 FEBRUARI 2020 ISSN-1978-6875
https://economy.okezone.com/read/2018/12/0
/320/1986361/menristekdiktirevolusi-
industri-4-0-peluangindonesia-
berkreasi-daninovasiDiakses
Maret 2019.
Ghozali, Imam. (2008). Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter
Melalui Pembelajaran Matematika.
Jurnal Pendidikan Matematika
PARADIKMA, Vol 6 Nomor 2. Prodi
Pendidikan Matematika Pascasarjana,
Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Medan (UNIMED), 20221 Medan,
Sumatera Utara Indonesia. Diakses 21
Februari 2018.
http://digilib.unimed.ac.id/960/2/Full
Text.pdf
http://tesispendidikan.com/indikatorpendidikan-
karakter/
http://repo.iaintulungagung.
ac.id/2834/11/BAB%20II
%20-%20Rev.pdf
Iskandar, Akbar. (2015). Confirmatory Factor
Analysis-Teknik Analisis Validitas
Konstruk dan Reliabilitas instrument
Test dan Non Test Dengan Software
LISREL., Teknik informatika, STMIK
AKBA, Sulawesi selatan.
Junaidi. (2008). Aplikasi LISREL untuk
Path Analysis (Seri
LISREL bag.5).https://junaidichaniago
.wordpress.com/2008/07/16/aplikasilisrel-
untuk-path-analysis-seri-lisrelbag5/
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai . 2003.
Teknologi Pengajaran. Bandung : CV
Sinar Baru.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan
Nasional. (2002). Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai
Pustaka
Rachbini, Widarto. (2018). Modul Pelatihan
SEM- Lisrel dan AMOS. INDEF.,
Jakarta.
Saputra, Hardika. (2018). Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematis., PGMI IAI
Agus Salim Metro, Lampung.
https://www.researchgate.net/publicatio
n/326682090_KEMAMPUAN_BERPI
KIR_KREATIF_MATEMATIS.
Diakses 21 Februari 2019.
Sijabat, Eva yuliana. (2016).Pendidikan
Karakter pada Proses Pembelajaran
Matematika di KelasVII SMP Stella
DUCE 2 Yogyakarta., Skripsi
Universitas Sanata Dharma,
Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar
Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas
Ekonomi UI.
Tim penyusun.(2008). Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional.
Wafer, Tungelan.(2017). Makalah Media
Pembelajaran.Https://anaksuryono.blog
spot.com/2017/09/makalah-mediapembelajaran.
html
Diakses : 28 September 2017.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v14i1.211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.