Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Prima Makmur

Sarmin .

Abstract


ABSTRAK
Motivasi kerja merupakan dorongan yang harus dimiliki oleh karyawan agar ia memiliki semangat kerja.
Selain itu karyawan juga perlu diberikan kompensasi atas jasa yang telah diberikan kepada perusahaan.
Kompensasi yang dibutuhkan karyawan terdiri dari dua jenis, yaitu kompensasi finensial dan kompensasi
non finensial. Penelitian ini bertunjuan untuk mengertahui pengaruh motivasi kerja dan kompensasi
finansial baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Prima Makmur.
Penelitian dilakukan dengan desain asosiatif atau kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan
pada PT. Prima Makmur yang berjumlah 1.975 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil
sebanyak 10% (197,5) dibulatkan 200 orang dengan menggunakan teknik sampling simple random
sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan regresi linier berganda, yang
dilanjutkan dengan Uji F dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja dan kompensasi
non finensial baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kompensasi Non Finansial, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Handoko,T. Hani,2000, Manajemen Personalia

dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2,

Cetakan Kedelapan Belas, BPFE,

Yogyakarta

Mathis, Robert L,Jackson, 2006, Manajemen

Sumber Daya Manusia, Salemba Empat,

Jakarta

Nawawi Hadari (2017) Manajemen sumber daya

manusia, untuk bisnis yang kompetitif”, Tb

Abuzhar Nahl

Nurlaila, 2010, Kinerja dan Teori Sumber Daya

Manusia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunyono (2014)“Model Pembelajaran Multipel

Representasi”, Pembelajaran empat fase

dengan lima kegiatan, orientasi, eksploratif,

imajinatif, internalisasi dan evaluasi,

Gunung Buku

Sugiono (2005), Statistik untuk Penelitian,

Jakarta: Alfabetha.

Prawirosentono (1999), Faktor-Faktor Perilaku

Karyawan.Penerbit PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

Ratminto,1999, Konsep konsep Dasar

Manajemen Pelayanan, Universitas Gajah

Mada, Yogyakarta.

Robbins (2002), Perilaku Kerja dan Organisasi,

Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka,

Prenhalindo, Jakarta.

Riyanto, Bambang (2004), Dasar-dasar

Pembelajaran Perusahaan, Yogyakarta:

Yayasan Badan Penerbit Universitas Gajah

Mada




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.