Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Prima Makmur
Abstract
Motivasi kerja merupakan dorongan yang harus dimiliki oleh karyawan agar ia memiliki semangat kerja.
Selain itu karyawan juga perlu diberikan kompensasi atas jasa yang telah diberikan kepada perusahaan.
Kompensasi yang dibutuhkan karyawan terdiri dari dua jenis, yaitu kompensasi finensial dan kompensasi
non finensial. Penelitian ini bertunjuan untuk mengertahui pengaruh motivasi kerja dan kompensasi
finansial baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Prima Makmur.
Penelitian dilakukan dengan desain asosiatif atau kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan
pada PT. Prima Makmur yang berjumlah 1.975 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil
sebanyak 10% (197,5) dibulatkan 200 orang dengan menggunakan teknik sampling simple random
sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan regresi linier berganda, yang
dilanjutkan dengan Uji F dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja dan kompensasi
non finensial baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kompensasi Non Finansial, Kepuasan Kerja.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Handoko,T. Hani,2000, Manajemen Personalia
dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2,
Cetakan Kedelapan Belas, BPFE,
Yogyakarta
Mathis, Robert L,Jackson, 2006, Manajemen
Sumber Daya Manusia, Salemba Empat,
Jakarta
Nawawi Hadari (2017) Manajemen sumber daya
manusia, untuk bisnis yang kompetitif”, Tb
Abuzhar Nahl
Nurlaila, 2010, Kinerja dan Teori Sumber Daya
Manusia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunyono (2014)“Model Pembelajaran Multipel
Representasi”, Pembelajaran empat fase
dengan lima kegiatan, orientasi, eksploratif,
imajinatif, internalisasi dan evaluasi,
Gunung Buku
Sugiono (2005), Statistik untuk Penelitian,
Jakarta: Alfabetha.
Prawirosentono (1999), Faktor-Faktor Perilaku
Karyawan.Penerbit PT. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.
Ratminto,1999, Konsep konsep Dasar
Manajemen Pelayanan, Universitas Gajah
Mada, Yogyakarta.
Robbins (2002), Perilaku Kerja dan Organisasi,
Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka,
Prenhalindo, Jakarta.
Riyanto, Bambang (2004), Dasar-dasar
Pembelajaran Perusahaan, Yogyakarta:
Yayasan Badan Penerbit Universitas Gajah
Mada
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.