Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Supmi Sakti

Soedjatmoko .

Abstract


ABSTRAK
Pentingnya memiliki kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan reputasi perusahaan dimata
konsumen. Selain itu, perusahaan juga perlu menciptakan sebuah promosi yang menarik agar tercipta
penilaian tersendiri pada pikiran konsumen yang sangat penting dalam memuaskan kebutuhan para
konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi
penjualan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Supmi Sakti.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode dengan menggunakan teknik berdasarkan sampling incidental. Metode analisis datanya
adalah dengan uji instrumen, asumsi klasik, korelasi dan koefisien determinasi, regresi, dan hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan software windows spss (Statistic Program
For Social Science) versi 18. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan memiliki
tingkat hubungan yang sangat kuat terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasi sebesar 0,804 dan
koefisien determinasi sebesar 0,647. Selanjutnya Promosi Penjualan memiliki tingkat hubungan yang kuat
terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasi sebesar 0,603 dan koefisien deterimnasi sebesar 0,364.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji F dan statistik uji t dengan α = 0.05.
Selanjutnya diketahui variabel Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan secara simultan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan, Kepuasan Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. (2013). Manajemen

Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.

Bandung: Alfabeta. 4.3.

Agustina Kurniawati Hadi, FE UI, 2009

dengan judul Persepsi Nilai

Konsumen Terhadap Prilaku

Pembelian Private Label

https://direktoribisnis.net,ub,ac,id/index.ph

p/jab/article,view,1445,1824.2016.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.

(2015). Manajemen Pemasaran Edisi

Jilid1. Jakarta Barat: PT. Indeks.

K.L. Keller, Philip Kotler, ”Marketing

Manajemen”. Edisi 13. Prentice Hall,

New Jersey, 2009

.Kasali, Rhenald, ”Manajemen Periklanan,

Konsep dan Aplikasinya di

Indonesia”, Pustaka Utama Grafiti,

Jakarta, 2008.

Kotler, Philip & Gary Amstrong,

“Principles Of Marketing”, Tenth

Edition, Pearson Prentice Hall, New

Jersey, 2004.

”Manajemen Pemasaran”, Edisi 11, jilid 1,

PT. Indeks Gramedia, Jakarta, 2005.

“Manajemen Pemasaran”, Edisi Millenium,

Jilid 2, Prenhallindo, Jakarta, 2002.

Leon G. Schiffman, L. L. Kanuk,

”Consumer Behavior” 7th edition,

Prentice Hall, 2008

Lupiyodi, Rachmat, ”Manajemen

Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek”,

Salemba Empat, 2004.

“Analisa Pengaruh Celebrity Endores,

Brand Image, dan Persepsi

Konsumen terhadap Keputusan

Pembelian Produk Lux”Skripsi UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta. 2010

Riadi, Edi. (2014). Metode Statistik

Parametrik & Non Parametrik.

Tangerang: Pustaka Mandiri.

Stanton J, William, ” Prinsip Pemasaran.”

jilid 1 edisi ke tujuh. Erlangga,

Jakarta, 1996.

Sugiyono, ”Metode Penelitian Bisnis”. CV.

Alfabeta, Jakarta, 2007.

Sumarwan Ujang,dkk, ”Pemasaran

Strategik.” Edisi Pertama, Inti Prima,

Jakarta, 2009

Sutisna, ”Perilaku Konsumen dan

Komunikasi Pemasaran”, Bandung,

Tjiptono, Fandy, ”Brand Management dan

Strategy”, ANDI, Jogjakarta, 2005

Umar, Hussain, ”Metode Penelitian Untuk

Skripsi”, Makalah, Jakarta, 2000

Yani, M. Safei, “Pengaruh Citra Merek dan

Penyampaian Jasa Bengkel Resmi

Terhadap Nilai Pelanggan Serta

Dampaknya Pada Keputusan

Pembelian Pelanggan”, Bandung,




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.