Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Supmi Sakti
Abstract
Pentingnya memiliki kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan reputasi perusahaan dimata
konsumen. Selain itu, perusahaan juga perlu menciptakan sebuah promosi yang menarik agar tercipta
penilaian tersendiri pada pikiran konsumen yang sangat penting dalam memuaskan kebutuhan para
konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi
penjualan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Supmi Sakti.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode dengan menggunakan teknik berdasarkan sampling incidental. Metode analisis datanya
adalah dengan uji instrumen, asumsi klasik, korelasi dan koefisien determinasi, regresi, dan hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan software windows spss (Statistic Program
For Social Science) versi 18. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan memiliki
tingkat hubungan yang sangat kuat terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasi sebesar 0,804 dan
koefisien determinasi sebesar 0,647. Selanjutnya Promosi Penjualan memiliki tingkat hubungan yang kuat
terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasi sebesar 0,603 dan koefisien deterimnasi sebesar 0,364.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji F dan statistik uji t dengan α = 0.05.
Selanjutnya diketahui variabel Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan secara simultan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan, Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. (2013). Manajemen
Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.
Bandung: Alfabeta. 4.3.
Agustina Kurniawati Hadi, FE UI, 2009
dengan judul Persepsi Nilai
Konsumen Terhadap Prilaku
Pembelian Private Label
https://direktoribisnis.net,ub,ac,id/index.ph
p/jab/article,view,1445,1824.2016.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.
(2015). Manajemen Pemasaran Edisi
Jilid1. Jakarta Barat: PT. Indeks.
K.L. Keller, Philip Kotler, ”Marketing
Manajemen”. Edisi 13. Prentice Hall,
New Jersey, 2009
.Kasali, Rhenald, ”Manajemen Periklanan,
Konsep dan Aplikasinya di
Indonesia”, Pustaka Utama Grafiti,
Jakarta, 2008.
Kotler, Philip & Gary Amstrong,
“Principles Of Marketing”, Tenth
Edition, Pearson Prentice Hall, New
Jersey, 2004.
”Manajemen Pemasaran”, Edisi 11, jilid 1,
PT. Indeks Gramedia, Jakarta, 2005.
“Manajemen Pemasaran”, Edisi Millenium,
Jilid 2, Prenhallindo, Jakarta, 2002.
Leon G. Schiffman, L. L. Kanuk,
”Consumer Behavior” 7th edition,
Prentice Hall, 2008
Lupiyodi, Rachmat, ”Manajemen
Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek”,
Salemba Empat, 2004.
“Analisa Pengaruh Celebrity Endores,
Brand Image, dan Persepsi
Konsumen terhadap Keputusan
Pembelian Produk Lux”Skripsi UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta. 2010
Riadi, Edi. (2014). Metode Statistik
Parametrik & Non Parametrik.
Tangerang: Pustaka Mandiri.
Stanton J, William, ” Prinsip Pemasaran.”
jilid 1 edisi ke tujuh. Erlangga,
Jakarta, 1996.
Sugiyono, ”Metode Penelitian Bisnis”. CV.
Alfabeta, Jakarta, 2007.
Sumarwan Ujang,dkk, ”Pemasaran
Strategik.” Edisi Pertama, Inti Prima,
Jakarta, 2009
Sutisna, ”Perilaku Konsumen dan
Komunikasi Pemasaran”, Bandung,
Tjiptono, Fandy, ”Brand Management dan
Strategy”, ANDI, Jogjakarta, 2005
Umar, Hussain, ”Metode Penelitian Untuk
Skripsi”, Makalah, Jakarta, 2000
Yani, M. Safei, “Pengaruh Citra Merek dan
Penyampaian Jasa Bengkel Resmi
Terhadap Nilai Pelanggan Serta
Dampaknya Pada Keputusan
Pembelian Pelanggan”, Bandung,
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.