Pengaruh Bunga kredit Dan Biaya Pemasaran Terhadap Revenue PT. Mustika Ratu, Tbk. Jakarta Tahun 1999-2016

Francisca Sestri Goestjahjanti

Abstract


Abstrak
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalahmenuju revolusi industri 4.0 gejala robotisasi
untuk efisiensi dan antisipasi perubahan cepat dari pola pembelian konsumen dengan sistem online,
berakibat para pelaku industri terus berinovasidan bebenah diri agar bisa bersaing di pasar global.
Industri kosmetik yang di prediksi Kementerian Perindustian pada tahun 2020memiliki pangsa pasar 100
trilyun rupiah di Indonesia, akan diperebutkan para pemain dalam dan luar negeri. PT. Mustika Ratu,
Tbk. salah satu pemain ternama yang beberapa tahun terakhir mengalami penurunanrevenue,sehingga
biaya- biaya pemasaran, tading termske toko modern yang cukup mahal, harus dibiayai dengan kredit
modal kerja.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh Bunga Kredit dan Biaya
Pemasaran,baik secara simultan maupun parsial terhadap Revenue PT. Mustika Ratu, Tbk.Jakarta. Data
penelitian sekunder runtut waktu selama selama 18 tahun dari tahun 1999 hingga tahun 2016, didapat dari
Website PT. Mustika Ratu, Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatori riset melalui
pengujian hipotesis.Teknik analisis dengan regresi linier, menggunakan SPSS Versi 22. Hasil Penelitian
menunjukan adanya pengaruh siginifikan secara simultan dan parsial antaraBunga Kredit dan Biaya
Pemasaranterhadap Revenue PT. Mustika Ratu, Tbk. Jakarta.
Kata Kunci : Bunga Kredit, Biaya Pemasaran dan Revenue.

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Burhan Bungin “ Metodologi Penelitian

Sosial dan Ekonomi Format Kuantitatif dan

Kulaitatif “ Kencana Prenada Media Group,

Jakarta. 2013.

Kasmir. 2014, Dasar-dasar Perbankan, Edisi

Revisi.PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kotler, Philip “Manajemen Pemasaran Jilid

” Simon & Schester (Asia) Pte, Ltd. 1997.

Kotler, Philip “Manajemen Pemasaran Jilid

”Simon & Schester (Asia) Pte, Ltd. 1998.

Mukhtar “Metode Praktis Penelitian

Deskriptif Kualitatif” GP Press Group,

Jakarta. 2013.

Mustika Ratu,Tbk.“ Annual Report Soft

Copy”Corporate, Jakarta.1999-2016.

Paul Hadiwinata, Hidayat,Arsono, Achmad,

Suharli & Rekan “ Audit Report PT.

Musatika Ratu, Tbk” Jakarta. 2016.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor

/PMK.04/2016 tentang “Ketentuan Impor

Barang Kiriman”. 29 November 2016

Sugiyono “Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D” Alfabeta, Bandung.

Warren J Keegen “Manajemen Pemasaran

Global Jilid Satu” PT. Prenhallindo,

Jakarta. 2003.

Hartarto, Airlangga, “Indonesia Telah

masuk Era Revolusi Industri ke- 4”

www.bisnis.liputan6. 2016/menperinindonesia-

telah-masuk era-revolusi industri

ke 4.bisnis.liputan6.com

KAP Paul Hadiwinata, Hidayat, Arsono,

Ahmad, Suharli & Rekan“ Laporan

Keuangan 2016: Released Maret 2017

”http://www.mustikaratu.

co.id/annualreport/anrep16.pdf

Pasaribu,Beny “Calon Gubernur BI dan

Revolusi Industri

”http://www.matanurani.com/bennyswisdom/

calon-gubernur-bi-revolusiindustri-

-0/2018/02/13/

Winda, Mizawar et. al “ Studi Pemasaran

Produk Kosmetik” Indonesia data Mars,

Jakarta 2017.

https://id.linkedin.com/pulse/studipemasaran-

produk-kosmetik-2017-windamizwar-

pratiwi-1




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.