PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN DAN OPERASIONAL UMUM ADMINISTRASI TERHADAP KINERJA PT. MUSTIKA RATU TBK. JAKARTA
Abstract
Abstrak
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah persaiangan yang hebat di era globalisasi pemasaran barang-barang kosmetik sehingga menimbulkan biaya tinggi yang menjadi persyaratan harmonisasi ASEAN Kosmetik.Tuntutan kualitas mutu CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) ditentukan oleh standar ASEAN sejak tahun 2008.Berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tahun 2015 dan membanjirnya produk impor dari negara Asia lainnya, terbukti menguasai pangsa pasar Indonesia. Produk impor menguasai 60 % dari Pasar kosmetik di Indonesia (ekuivalen 15 trilyun)rupiah di tahun 2015, otomatis menekan kinerja penjualan perusahaan dalam negeri. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan dalam negeri telah mengeluarkan biaya-biaya opersional baik pemasaran maupun administrasi lainnya. PT. Mustika Ratu Tbk, perusahaan kosmetik terkemuka di Indonesia, juga mengalami tekanan-tekanan dalam persaingan global tersebut, mengakibatkankan kinerja perusahaan yang diperlihatkan oleh penjualan 5 (lima) tahun terakhir melambat.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Aktivitas Pemasaran dan Operasional Umum Administrasi, baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja PT. Mustika Ratu, Tbk.Jakarta.
Data penelitian sekunder runtut waktu selama 17 tahun dari tahun 1999 hingga tahun 2015.Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatori riset melalui pengujian hipotesis.Teknik analisis dengan regresi berganda dan linier, menggunakan software E-Views 7.
Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh siginifikan antara variabel “Aktivitas Pemasaran” dan “Operasional Umum Administrasi” baik simultan maupun parsial terhadap “Kinerja PT. Mustika Ratu Tbk. Jakarta”
Kata Kunci : Aktivitas Pemasaran, Operasional Umum Administrasi dan Kinerja Penjualan.
Full Text:
XMLReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arthur J. Keown at all“ Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku Satu” Penerbit Salemba Empat Jl. Wijaya 2, Jakarta. 1999.
Burhan Bungin “ Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Format Kuantitatif dan Kulaitatif “ Kencana Prenada Media Group, Jakarta. 2013.
Kosasih Nurdiaman & Rekan“ Audit Report PT. Musatika Ratu, Tbk” Jakarta. 2015.
Michael J. Porter “ Competitive Advantage” Karisma Publishing Group, Tangerang. 2008.
Mukhtar “Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif” GP Press Group, Jakarta. 2013.
Otoritas Jasa Keuangan “Data data kinerja PT. Mustika Ratu, Tbk” Internet, Jakarta. 1999-2015.
Philip Kotler “Manajemen Pemasaran Jilid 1” Simon & Schester (Asia) Pte, Ltd. 1997.
Permendag No. 22 Tahun 2016 “ Ketentuan Umum Distribusi Barang” Jakarta. 2016.
Undang –Undang No. 13 “TentangKetenaga Kerjaan”, Jakarta, 2003.
Warren J Keegen “Manajemen Pemasaran Global Jilid Satu” PT. Prenhallindo, Jakarta. 2003.
www.sukasosial.blogspot.com/imporkosmetik/2016
www.wartakonsumen.blogspot.co.id ASEAN/2008/08
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i1.33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.