PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS KONSUMEN PRODUK SARI ROTI DI CIKARANG)

Sarmin Sarmin, Maharani Annisaul Choir

Abstract


 

Loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa dapat dilihat dari tingkat efektifitas suatu produk, Konsumen akan merasa puas jika semua need, want, and problem dari konsumen terpenuhi, mereka akan tetap setia meskipun mengalami kenaikan harga pada barang atau jasa. Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk menjadi faktor dalam mempengaruhi loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen baik secara parsial maupun simultan. 

Penelitian asosiatif ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil data responden sesuai kriteria yang ditentukan yaitu pernah mengkonsumsi produk Sari Roti. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dilakukan di wilayah Cikarang dengan menggunakan rumus Purba. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan IBM SPSS Versi 26.0 dengan sebelumnya telah memenuhi uji instrumen dan asumsi klasik.

Kepercayaan merek (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) yaitu 7,396 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kualitas produk (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) yaitu 9,393 > t tabel (1,984) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dan pengujian secara simultan juga memiliki pengaruh antara kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen yakni nilai F hitung 49,640 > F tabel 3,09 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 artinya variabel independen Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Loyalitas Konsumen.

 


Full Text:

PDF

References


Afnina, Afnina, and Yulia Hastuti. "Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan." Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 9.1 (2018): 21-30.

Amalia, Rizki (2018) Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Niki Mart Glagah Perspektif Ekonomi Islam. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Bali, Asri Yanti. "Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening." Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi 1.1 (2022): 1-14.

Cahyadi, Catherine. "Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen yang di Mediasi oleh Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia/Catherine Cahyadi/78170165/Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina." (2021). Halaman 25

Dewi, Linda Nita. "Analisis pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pengguna produk advan di Kota Semarang." Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (2015): 1-17.

Dhirtya, Desak Ayu Made Citta, and I. Gede Ketut Warmika. Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Mediasi Persepsi Nilai Pelanggan. Diss. Udayana University, 2022. halaman 551

Gartika, Delvina June. Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei Pada Konsumen Circle K Cabang Burangrang Bandung). Diss. Fakultas Ekonomi Unpas, 2016. halaman 40

Haroen, Rachmawaty. "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt Nusantara Surya Sakti)." Jurnal Manajemen dan Bisnis Jayakarta 1.2 (2020): 101-120.

Hidayastri, Mutia. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen restoran wulan sari beka (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Halaman 19

Khaeruroh, Nur, Leonardo Budi Hasiholan, and Moh Mukeri. "The Influence Of The Quality Of The Produk, Service Quality, Trust To The Customer Loyalty To The Customer Satisfaction As A Variable Intervening (Study In Pt Morich Indo Fashion Ungaran)." Journal of Management 4.4 (2018).

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Ngabiso, Febriyanto, Djoko Lesmana Radji, and Umin Kango. "Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Amdk Merek Aqua Di Kota Gorontalo)." JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4.1 (2021): 1-12. Halaman 4

Novitasari, Anggi, and Tatik Suryani. "Peran kepercayaan merek, citra merek, dan celebrity endorsement terhadap loyalitas merek bedak tabur Wardah." Journal of Business & Banking 7.2 (2018): 251-262.

Pamungkas, Rollaz Dodo. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Sepatu Nike di Surabaya. Diss. STIE Perbanas Surabaya, 2017. Halaman 21

Ramdani, Ricky. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Elzatta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna (2020) Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press Perpustakaan Nasional RI.

Sumadi, Sumadi, et al. "Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store)." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7.2 (2021): 1117-1127.)




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v17i2.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.