ANALISIS STRUKTUR PASAR, PERILAKU DAN KINERJA INDUSTRI KOSMETIK (CONSUMER GOODS) DI INDONESIA

Francisca Sestri Goestjahjanti

Abstract


ABSTRAK

Pandangan Badan POM, kosmetik merupakan barang yang dipergunakan diluar tubuh manusia, yang ijin peredaran barang tersebut dibawah Kemenkes dalam hal ini dikeluarkan oleh BPOM. (Sosialisasi Cara pemakain kosmetik yang benar. Direktur penilaian obat, obat tradisional dan kosmetik, 9 Desember2010). Indonesia dengan jumlah penduduk sebesar 240 juta jiwa, merupakan pasar yang besar dan menjanjikan bagi perusahaan kosmetik sesuai segmen yang dibidiknya. Menurut data perindustrian terdapat lebih dari 700 perusahaan kosmetik dan kurang dari 10 yang sudah mencatatkan sahamnya di BEI. (Pembukaan Pameran Nasional Kosmetika & Obat Tradisional 19 Oktober 2012). Pemain besar dibidang kosmetik dan sudah dikenal merk dagangnya, serta  telah go public, di era pasar bebas kawasan China ASEAN yang biasa di sebut CAFTA, serta berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) satu pasar ASEAN pada 31 Desember 2015, menyebabkan para pelaku usaha saling berkompetisi untuk menjadi pemain utama dan berdaya saing global antara lain : PT. Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT. Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC), PT. Tanco Indonesia Tbk (TCID) dan PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT).


Full Text:

XML XML

References


Daftar Pustaka

Kementrian Perindustrian, Badan POM “Sosialisasi pemakaian kosmetik yang benar “ Jakarta, 09 Desember 2010 Ketua PPA – K (Persatuan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik Indonesia )

Komisi IX DPR-RI “RDPU aturan rumah sakit, obat tradisional dan kosmetik dan hambatan peraturan tentang ijin produksi” Gedung Nusantara 1. Jakarta 2010

Media Indonesia “Pembukaan Pameran Obat Tradisional & Kosmetika Nasional”. Jakarta, 17 Oktober 2012

Internet. “Data Profile PT. Unilever Indonesia Tbk”. 2012

Internet. “Data Profile PT. Tempo Scan Pasific Tbk”. 2012

Internet. “Data Profile PT. Tanco Indonesia, Tbk”. 2012

Corporate Secretary PT. Mustika Ratu Tbk. “Laporan Keuangan 2007– 2012”. Jakarta 2012

Majalah SWA “Edisi khusus Best Brand Award 2012“. Jakarta 2012

Prof. Dr. Sudarsono MSc, “Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro”, Jakarta 1995

William C.Sheperd “ The Economics of Industrial Organization” Prentice- Hall 1990

Dwi Wahyu Sulistyo Utomo ( 0910480050), “Analisa struktur pasar produk rokok di indonesia“ Internet 2012

PNK “Pengantar Ilmu Ekonomi“ Kurikulum 2007, Internet 2012




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v10i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.