Rancangan Sistem Pengukuran Kinerja Berdasarkan Metode Balanced Scorecard Pada PT. PPA Consultants
Abstract
Pengukuran kinerja yang dilakukan diperusahaan selama ini hanya berfokus pada segi keuangan saja
atau lebih dikenal dengan pengukuran kinerja tradisional, dimana sudah tidak mampu lagi menjawab
permasalahan perusahaan sekarang dan dimasa datang, serta tidaklah cukup mencerminkan kinerja
organisasi sesungguhnya. Perusahaan menyadari jika ingin menerapkan dan menjalankan strategi
manajemen yang tepat, perusahaan memerlukan suatu metode pengukuran kinerja yang mampu
mengukur kinerja perusahaan dari berbagai aspek yaitu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan
metode Balanced Scorecard yang mengukur kinerja suatu organisasi dari empat perspektif yaitu
perspektif finansial, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran. Sementara untuk pembobotan menggunakan metode (AHP) Analytic Hierarchy Process
dapat diperoleh bobot kepentingan dari Perspektif, Sasaran Strategis dan (KPI) Key Performance
Indicator. Dari Rancangan Balanced Scorecard terbentuk 7 Peta Strategi, 63 Sasaran Strategis dan 75
KPI dari tingkat perusahaan dan direktorat. Balanced Scorecard adalah salah satu alternative
pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan.
Pengukuran ini merupakan hasil dari suatu proses berdasarkan visi, misi dan strategi dari suatu
perusahaan.
Kata kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analisa SWOT, AHP
Full Text:
PDFReferences
Anthony, R. N. dan V. Govindarajan. (2005).
Management Control System.
Salemba Empat. Jakarta
Arafat, Wilson (2011), Strategy Execution with
Balanced Scorecard Approach,
Skyrocketing Publisher, Jakarta.
Becker, Brian E (2001), The HR Scorecard,
Harvard Business School Press,
Boston.
Creelman, J dan M. Naresh (2004). Mastering
Business in Asia succeeding with
BSC, Ray Indonesia.
Gde Agung, A.A. (2008), Rancangan
Pembobotan Penilaian Kinerja Jasa
Konsultansi dengan metode AHP,
Jurnal ilmiah Tenik Sipil Vol 12,
No1.
Horne, V. dan James C. dkk. (1997). PrinsipPrinsip Manajemen Keuangan.
Salemba 4. Jakarta
Hubeis, (2008), Manajemen Strategik Dalam
Pengembangan Daya Saing
Organisasi, Elekmedia Komputindo,
Jakarta.
Kaplan, S. Robert, dan David, P. Norton,
(2001). The Strategy Focuse
Organization, Boston, United States
of America: Harvard Business
School Press.
Kaplan, S. Robert, dan David, P. Norton,
(2004). Strategy Map, Edisi kedua,
Boston, United States of America:
Harvard Business School Press.
Kottler, Philips, (2000), Marketing
Management, edisi ke tigabelas, Erlangga
Lasdi, L. 2002. “Balanced scorecard Sebagai
Kerangka Pengkuran Kinerja
Perusahaan Secara Komprehensif
dalam Lingkungan bisnis Global.”
Jurnal Widya Manajemen dan
Akuntansi, Vol. 2, No 2
Luis, S (2007), Step by step in Cascading
Balanced Scorecard to function
Scorecard, Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Majalah Human Capital, (2005). Implementasi
Balanced Scorecard, edisi khusus,
Jakarta
Mangkunegara, A.A. Prabu, (2009),
Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan, cetakan ke sembilan,
Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyadi, (2007), Sistem Terpadu Pengelolaan
Kinerja Personil Berbasis Balanced
Scorecard, STIM YKPN,
Yogyakarta..
Mulyadi dan J. Setyawan. (2001). Sistem
Perencanaan dan Pengendalian
Manajemen: Sistem Pelipatganda
Kinerja Perusahaan. edisi 2.
Salemba Empat Jakarta.
Mowen, H. (2004). Akuntansi Manajemen.
Edisi 7. Salemba 4. JakartaRahmawati, (2007), Manajemen Sumberdaya
Manusia, Andi,Yogyakarta.
Rangkuti, freddy, (2011), SWOT Balanced
Scorecard, Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
R. Chang, (2011), Measuring Organizational
Performance, PPM, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.