Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman” (Study Kasus Pada Jasa Pengiriman JNE Agen Griya Karawaci Tangerang)
Abstract
Iklim persaingan pada perusahaan - perusahaan semakin tajam dan ketat tanpa terkecuali yang terjadi saat ini
begitupun pada penyedia jasa logistik atau pengiriman kilat bagi masyarakat luas. Agar tercapainya
kemudahan dan kepuasan masyarakat luas sebagai konsumen yang sangat penting dalam kehidupan terutama
dalam era globalisasi dimana masyarakat dunia bisnis disibukkan dengan padatnya kegiatan baik sehari-hari,
sehingga timbul tuntutan untuk mengikuti perkembangan dimana segala sesuatunya dilakukan dengan cepat,
praktis dan efisien dalam melakukan kegiatan proses pengiriman suatu barang, baik yang ada pada saat ini
begitu pula dimasa mendatang. Dengan banyak permintaan tentang jasa pengiriman ini maka JNE pun
menyebarkan cabangnya hampIr di seluruh berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah JNE yang
terletak di Karawaci Tangerang Banten, Cabang JNE ini dikenal dengan perushaan JNE Agen Griya.
Mengingat banyaknya barang yang akan dikirim JNE Agen Griya menjadi pilihan konsumen sebagai sarana
untuk pengiriman barang konsumen khususnya di wilayah Tangerang. Berdasarkan latar belakang tersebut,
maka peneliti ini berusaha mengetahui dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan
penggunaan jasa pengiriman logistik atas peningkatan prestasi yang diraih secara signifikan pada JNE Agen
Griya Karawaci Tangerang .Menurut Rambat Lupiyoadi (2014:216) Kualitas jasa adalah seberapa jauh
perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas layanan yang mereka terima. Buchari Alma
(2014:147) mendefinisikan merek atau cap ialah suatu tanda atau symbol yang memberikan indetitas suatu
barang atau jasa tertentu yang dapat berupa kata-kata, gambar atau kombinasi keduanya. Menurut Schiffman
dan Kanuk (2004) dalam Sudaryono (2014:210), mendefinisikan mengambil keputusan semua pertimbangan
akan dialami oleh konsumen walaupun perannya akan berbeda-beda disetiap individu. Terdapat pengaruh
yang signifikan antara Citra merek dengan Keputusan penggunaan Jasa Pengiriman JNE Agen Griya
Karawaci, hal dapat dilihat dari hasil Nilai t hitung Citra Merek sebesar 11,206 > t tabel sebesar 1,664
sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Citra Merek terhadap
Keputusan Pengguna Jasa pengiriman JNE Agen Griya Karawaci.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Keputusan PenggunanJasa, JNE Agen Griya
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. (2014). Manajemen
Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.
Bandung: Alfabeta CV.
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015).
Manajemen Strategi Pemasaran.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Danang, Sunyoto. (2013). Dasar-dasar
Manajemen Pemasaran.
Yogyakarta:CAPS.
Danang, Sunyoto dan Fathonah Eka
Susanti. (2015). Manajemen
Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CAPS.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.
(2015). Manajemen Pemasaran
Edisi 12 Jilid 1. akarta Barat: PT.
Indeks.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.
(2013). Manajemen Pemasaran
Edisi 14 Jilid 1. Jakarta:
Erlangga.
Limakrisna, Nandan. (2017). Manajemen
Pemasara, Jakarta : Mitra Wacana
Media.
Manap, Abdul. (2016). Revolusi
Manajemen Pemasaran. Jakarta :
Mitra Wacana Media
Priyatno,Duwi. (2017). Olah data
menggunakan SPSS. Yogyakarta :
Andi anggota IKAPI.
Sumardi Suryabrata “Metodologi
Penelitian” Jakarta:PT Raja
Grafindo Persada, 2006.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D.
Bandung : Alfabeta
-----------(2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen
dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta
: Lentera Ilmu Cendekia.
------------(2016). Manajemen Pemasaran
Teori Dan Implementasi :
Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sunyoto, Danang. (2014). Konsep Dasar
Riset Pemasaran Dan Perilaku
Konsumen: Yogyakarta. Center For
Academic Publishing Servive.
Silaen, Sofar. (2013). Metodologi
Penelitian Sosial Untuk Penulisan
Skripsi Dan Tesis. Bandung: In
Media
Setianingrum, Ari. (2015). Prinsip Prinsip
Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fendi. (2012). Pemasaran
Strategik Edisi 2. Yogyakarta: CV.
Andi Offiset.
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i2.77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.