PENGARUH DISCOUNT DAN PENJUALAN TERHADAP GROSS MARGIN (%) DI PT RMYN TBK
Abstract
Abstrak
Discount atau potongan pembelian merupakan salah satu strategi penjualan yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen dengan tujuan mendongkrak penjualan produk dalam periode waktu tertentu.Discount merupakan bentuk promosi penjualan yang sederhana karena hanya berupa pengurangan harga produk yang bersifat sementara (Boyd, et al. 2000:90).Sedangkan menurut Kotler dan Amstrong (2008:9) Discount merupakan pengurangan harga langsung terhadap suatu pembelian dalam periode waktu tertentu.Dalam melakukan strategi penjualan berupa discount, perusahaan perlu merencanakan dengan cermat karena selain dapat meningkatkan penjualan juga dapat berpengaruh terhadap laba/ gross margin yang perusahaan.
Kata Kunci : Discount, penjualan, gross margin
Full Text:
UntitledReferences
Boyd, Harper W, Orville C. Walker dan Jean-Claude Larreche, 2000. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Imam Nurmawan, SE, Jakarta; Erlangga
Gitosudarmo, 2008, Manajemen Pemasaran. BPFE, Yogyakarta
Hariadi, Bambang. 2002. Akuntasi Manajemen. BPFE; Yogyakarta
Kotler, P., dan G. Amstrong, 2009, Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Terjemahan Erlangga, Jakarta
Moh. Nazir, 2014, Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia
Munawir. 2001. Analisa Laporan Keuangan. Liberty: Yogyakarta
Sugiyono. 2011, Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Affabeta; Bandung.
Sugiyono. 2012, Metode Penelitian Kombinasi. CV. Affabeta; Bandung.
Swasta, Basu. 2009, Manajemen Penjualan, Edisi 6, BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Tjiptono, F. , 2008, Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.
www.papanputih.com
www.sayangpetani.wordpress.com
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v12i1.86
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.