ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO 9001: 2008) DAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN (ISO 14001: 2004) PADA APARTEMEN SKYLOUNGE TAMANSARI TANGERANG

Mustar Aman

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan manufaktur dan persaingan semakin ketat, perusahaan harus mempunyai strategi untuk menarik pelanggan untuk membeli produk yang dijual. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penerapan sistem manajemen mutu (ISO 9001: 2008) terhadap kepuasan pelanggan Apartemen Skylounge@Tamansari?” dan “Bagaimana pengaruh penerapan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001: 2004) terhadap kepuasan pelanggan Apartemen Skylounge@Tamansari?” serta “Bagaimana pengaruh penerapan sistem manajemen mutu (ISO 9001: 2008) dan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001: 2004) secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Apartemen Skylounge@Tamansari?”.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem manajemen mutu (ISO 9001: 2008) terhadap kepuasan pelanggan Apartemen Skylounge@Tamansari, Untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001: 2004) terhadap kepuasan pelanggan pada Apartemen Skylounge@Tamansari, dan Untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem manajemen mutu (ISO 9001: 2008) dan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001: 2004) terhadap kepuasan pelanggan Apartemen Skylounge@Tamansari. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis bahwa pengaruh penerapan sistem manajemen mutu (ISO 9001: 2008) terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4 > ttabel = 2,04841, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis bahwa pengaruh penerapan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001: 2004) terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,1813 > ttabel = 2,04841, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel penerapan manajemen mutu (ISO 9001: 2008) dan penerapan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001: 2004) terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 11,034 > Ftabel = 3,35, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingg terdapat pengaruh yang signifikan.

 

 

Kata Kunci: Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001: 2008), Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001: 2004), Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i1.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.