PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK KAWASAKI PADA PT. KAWANSAKTI ADHISEJAHTERA
Abstract
ABSTRAK
Untuk memenangkan persaingan usaha dalam bisnis otomotif, sangat krusial sekali bagi perusahaan untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian, karena faktor tersebut akan menjadi titik utama yang harus diupayakan semaksimal mungkin oleh perusahaan untuk tetap survive antara lain kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Dimana yang menjadi variabel independen yaitu kualitas produk (X1) harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) yang mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen nya. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah konsumen yang memutuskan membeli produk Kawasaki pada PT Kawansakti Adhisejahtera, sebanyak 60 responden, data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner yang di isi oleh para responden. Data yang terkumpul selanjutnya akan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang valid dan reliabel selanjutnya akan dilakukan uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis t dan f serta uji regresi baik secara sederhana maupun berganda yang dilakukan pada signifikasi 5% atau α= 5%. Untuk memudahkan dalam pengolahan data, peneliti menggunakan MS Excel dan SPSS versi 18.0. Hasil penelitian pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dilihat dari korelasi sebesar 0,766 hal ini menunjukan bahwa tingkat korelasi memiliki pengaruh yang kuat, Nilai koefisien determinasi sebesar 0,586 artinya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas produk (X1) harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) sebesar 58,6% dan 41,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti Brand Image, kepuasan pelanggan dan lain-lain. Dan hasil uji hipotesis menunjukan pengaruh yang signifikan karena fhitung> ftabel (26,50> 2,77)
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian.
Full Text:
UntitledReferences
Abdullah. Thamrin dan Tranti. Francis. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Rajawali
Akhmad. Jaenudin. (2015). Aplikasi Pemasaran. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikia
Alma. Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : ALFABETA
Assauri. Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Danang. Sunyoto. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi,Kasus). Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service)
----------------------- (2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service)
Dantes. Nyoman. (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Gitosudarmo. Indriyo. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta
Herlambang. Susatyo. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Yogyakarta : Pustaka Baru
Junaidi. (2010). Tabel Distribusi (http://junaidichaniago.wordpress.com)
Kotler. Philip dan Keller. Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran edisi13. Jakarta : Erlangga
Nur. P. Andri dan Sumiarti. (2016). Metodologi Penelitian. Bogor : PT. Penerbit IPB Press
Oentoro. Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : LaksbangPressindo
Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikia
Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. BandungALFABETA.
Sujarweni. V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudahdipahami.Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS.
Tjiptono. Fandy. (2012) Service Management Mewujudkan Layanan Prima :Yogyakarta edisi2 CV. Andi obset
Yamit. Zulian. (2013). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta :EKONISIA
Siregar. Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. : Jakarta. Kencana
Sri. Vinna. (2015). Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. Bandung : CV Pustaka Setia
DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i1.94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.