PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK KAWASAKI PADA PT. KAWANSAKTI ADHISEJAHTERA

Santa Lusianna Sitorus, Nigita Suri

Abstract


ABSTRAK

 

Untuk memenangkan persaingan usaha dalam bisnis otomotif, sangat krusial sekali bagi perusahaan untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian, karena faktor tersebut akan menjadi titik utama yang harus diupayakan semaksimal mungkin oleh perusahaan untuk tetap survive antara lain kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Dimana yang menjadi variabel independen yaitu kualitas produk (X1) harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) yang mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen nya. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah konsumen yang memutuskan membeli produk Kawasaki pada  PT Kawansakti Adhisejahtera, sebanyak 60 responden, data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner yang di isi oleh para responden. Data  yang  terkumpul  selanjutnya  akan  dilakukan  uji validitas dan reliabilitas. Data yang valid dan reliabel selanjutnya akan dilakukan uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis t dan f serta uji regresi baik secara sederhana maupun berganda yang dilakukan pada signifikasi 5% atau α= 5%. Untuk memudahkan dalam pengolahan data, peneliti menggunakan MS Excel dan SPSS versi 18.0. Hasil penelitian pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dilihat dari korelasi sebesar 0,766 hal ini menunjukan bahwa tingkat korelasi memiliki pengaruh yang kuat, Nilai koefisien determinasi sebesar 0,586 artinya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas produk (X1) harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) sebesar 58,6% dan 41,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti Brand Image, kepuasan pelanggan dan lain-lain. Dan hasil uji hipotesis menunjukan pengaruh yang signifikan karena  fhitung> ftabel (26,50> 2,77)

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

Untitled

References


Abdullah. Thamrin dan Tranti. Francis. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Rajawali

Akhmad. Jaenudin. (2015). Aplikasi Pemasaran. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikia

Alma. Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : ALFABETA

Assauri. Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Danang. Sunyoto. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi,Kasus). Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service)

----------------------- (2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Dantes. Nyoman. (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Gitosudarmo. Indriyo. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta

Herlambang. Susatyo. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Yogyakarta : Pustaka Baru

Junaidi. (2010). Tabel Distribusi (http://junaidichaniago.wordpress.com)

Kotler. Philip dan Keller. Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran edisi13. Jakarta : Erlangga

Nur. P. Andri dan Sumiarti. (2016). Metodologi Penelitian. Bogor : PT. Penerbit IPB Press

Oentoro. Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : LaksbangPressindo

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikia

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. BandungALFABETA.

Sujarweni. V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudahdipahami.Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS.

Tjiptono. Fandy. (2012) Service Management Mewujudkan Layanan Prima :Yogyakarta edisi2 CV. Andi obset

Yamit. Zulian. (2013). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta :EKONISIA

Siregar. Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. : Jakarta. Kencana

Sri. Vinna. (2015). Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. Bandung : CV Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v11i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.